PT IIS Diduga Menguasai Lahan Warga Seluas 20 Ha

- Senin, 30 Mei 2022 | 11:27 WIB
Ketua LMR Kabupaten Pelalawan Supriadi saat memberikan keterangan pers usai pertemuan (Istimewa)
Ketua LMR Kabupaten Pelalawan Supriadi saat memberikan keterangan pers usai pertemuan (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, PELALAWAN - Lembaga Melayu Riau (LMR) Kabupaten Pelalawan, Riau, meminta lahan sekitar 20 Ha yang berada di luar Hak Guna Usaha (HGU) milik PT Inti Indosawit Subur (IIS) di Desa Bagan Limau, Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) LMR Kabupaten Pelalawan Supriadi bertempat di Ruang Kasat Intelkam Polres Pelalawan, Selasa (24/5) beberapa hari yang lalu.

Dalam penjelasannya dihadapan Kanit Intel IPDA Pol Romi, Perwakilan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pelalawan dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pelalawan, Ketua LMR Kabupaten Pelalawan, Supriadi memperlihatkan dokumen terkait dengan tidak masuknya lahan seluas 20 Ha dalam HGU yang dimiliki PT IIS.

"Kita punya dokumen yang sama dengan yang dipegang DPMPTSP dimana memperlihatkan lahan seluas 20 Ha di Desa Bagan Limau tidak termasuk dalam HGU yang dimiliki PT IIS," ujarnya dengan wajah cukup tenang.

Baca Juga: Dewan Pers Berikan Himbauan Terkait Ramai Pemberitaan Anak Ridwan Kamil yang Hilang

Masih kata Ia lagi, permintaan ini sesuai dengan harapan masyarakat, dan sekaligus untuk menjaga terjadinya konflik yang dapat menimbulkan tidak kondusifnya daerah Bagan Limau.

"Kalau ini tidak diselesaikan, kita khawatir akan dapat memicu konflik antara perusahaan dengan pihak warga," ungkapnya.

Untuk itu Ia berharap agar pihak yang berkepentingan dapat segera menuntas permasalahan ini mengingat pihak BPN Kabupaten Pelalawan juga telah menyampaikan bahwa lahan tersebut berada di luar HGU PT IIS.

"Dalam pertemuan kita pertama dengan pihak BPN, mereka belum dapat menjelaskan kelebihan HGU lahan sawit PT IIS. Nah sekarang mereka tadi sudah jelaskan memang lahan yang kita tuntut diluar HGU," terangnya.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT RI, Perusahaan Sawit Beri Kado untuk Pensiunan

Kamis, 18 Agustus 2022 | 13:34 WIB

Nekat, Maling Beraksi Siang Hari di Areal PT RAPP

Kamis, 4 Agustus 2022 | 12:17 WIB
X