Tengah Mengandung, Gajah Ditemukan Mati Dilahan Konsesi Perusahaan di Bengkalis

- Kamis, 26 Mei 2022 | 19:14 WIB
Potret anak gajah sumatera yang keluar dari induk yang telah mati dikawasan lahan konsesi PT Riau Abadi Lestari (Akmal/HRC)
Potret anak gajah sumatera yang keluar dari induk yang telah mati dikawasan lahan konsesi PT Riau Abadi Lestari (Akmal/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Seekor gajah sumatera ditemukan mati dikawasan lahan konsesi PT Riau Abadi Lestari, Desa Koto Parit Beringin, Kecamatan Talang Mandau, Kabupaten Bengkalis. Satwa dilindungi itu sudah dalam keadaan menggembung dan mengeluarkan darah.

Satwa dengan nama latin Elephas Maximus Sumatranus itu pertama kali ditemukan oleh seorang karyawan perusahaan yang hendak pulang melewati lokasi tersebut pada Rabu (25/5).

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau langsung berkoordinasi dengan kepolisian setempat seusai mendapat laporan, tim pun langsung mengamankan lokasi. Tim medis serta Polisi Kehutanan menuju lokasi untuk melakukan nekropsi didampingi dokter hewan dari Kesehatan Hewan Duri.

"Penyebab kematian gajah sumatera belum dapat dipastikan, akan tetapi dari mulut dan anusnya keluar darah," jelas Plt Kepala Balai Besar KSDA Riau, Fifin Arfiana Jogasara, Kamis (26/5).

Baca Juga: Senggol Mobil Fuso, Pengendara Motor Terlindas di Jalan Lintas Pekanbaru-Sumbar

Hasil identifikasi bangkai tersebut, diketahui bahwa gajah tersebut merupakan jenis kelamin betina dan dalam keadaan memgandung. Kemudian bangkai tersebut dikuburkan tak jauh dari lokasi.

"Itu gajah betina 25 tahun dalam kondisi mengandung dan akan segera melahirkan anaknya. Tim mengambil sample hati, dinding usus, paru, dan kotoran Gajah tersebut untuk dilakukan uji laboratorium," katanya mengakhiri.

Sampel bagian organ satwa tersebut akan segera dikirim ke Balai Verteriner, Bukit Tinggi, Sumatera Barat untuk mengetahui penyebab kematian Gajah Sumatera tersebut.

Baca Juga: Kuliah Umum di UIR, Menko Perekonomian Dorong Kebangkitan Pelaku Usaha UMKM

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X