Kesbangpol Inhil Laksanakan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula

- Selasa, 24 Mei 2022 | 16:01 WIB
Istimewa (Evrizon/HRC)
Istimewa (Evrizon/HRC)

HALUANRIAU.CO, TEMBILAHAN - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Riau melaksanakan Sosialisasi Pendidikan Politik bagi calon pemilih pemula di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) di Hotel Harmoni Tembilahan, Selasa (24/5/22) Pagi.

Kegiatan tersebut di buka oleh Bupati Inhil yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Zulaikha Wardan.

Acara tersebut dihadiri Kepala Kesbangpol Provinsi Riau, Jendri Salmon Ginting AP, M.Si; Kepala Bidang Politik Dalam Negri, Rahmat Setyawan; Analis Kebijakan Muda Sub Bidang Pendidikan Politik dan Pemilu, Tengku Rahadian S.Sos. M.Si; Analis Kebijakan Ahli Muda, Feny Yulianti M. SE, MM; Staf Subbid Penyidikan Politik dan Pemilu Bidang Politik dalam Negri Syamsunarfitri S. Sos; Staf Bidang Politik dalam Negeri, M. Adil Apriadi. SE; Ketua KPU Inhil, Herdian Asmi; Ketua Bawaslu Inhil, M Dong; Ketua FPK Inhil Tokoh Masyarakat Marlis Syarif serta perwakilan pelajar SMA Sederajat.

Kepala Kesbangpol Provinsi Riau pada sambutannya mengatakan sosialisasi pendidikan politik bagi calon pemilih pemula sangatlah penting agar para pemilih nantinya dapat memahami pentingnya partisipasi dalam pemilu.

"Sosialisasi pendidikan politik ini merupakan program Gubernur Riau yang mengiginkan agar calon pemilih pemula benar benar memahami pentingnya hak suara dalam pemilu sehingga diharapkan mampu meminimalisir terjadinya Golongan Putih (GOLPUT)," ujar Jendri Salmon Ginting.

Baca Juga: Dukung Percepatan Pengurangan Emisi Karbon Lima APM Otomotif Berolaborasi Kembangkan Ekosistem Elektrifikasi

Dikatakannya pelaksanaan pendidikan politik bagi calon pemilih pemula akan dilakasanakan di seluruh Kabupaten Kota di Riau agar para peserta dapat memahami dan menimba ilmu politik, serta memahami dasar-dasar negara dan pandangan hidup bangsa.

"Semoga para peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik baiknya serta memahami pentingnya berpatisipasi dalam pemilu," harapnya.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia pada sambutannya menuturkan Kabupaten Inhil terdiri dari 20 Kecamatan dimana berdasarkan data KPU Inhil pada pemilu 2019 pemilih yang memiliki hak suara di Inhil 346.130 orang namun terdapat 25,62 persen pemilih tidak ikut berpatisipasi dalam pemilu.

Untuk itu, di katakannya, Bupati Inhil mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi pelaksanaan sosialisasi politik yang di laksanakan Kesbangpol Provinsi Riau di Kabupaten Inhil agar dapat mendorong para pemilih pemula dan menjadi pelopor untuk pemilih pemula lainnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tetap #Cari_aman Agar Bisa Ikutan AHMBS 2022

Senin, 20 Juni 2022 | 17:14 WIB
X