Minta Dibuktikan di Persidangan, Ini Tanggapan Darmiwati Soal Bukti Pemilikan Lahan yang Diklaim Ingot Ahmad H

- Senin, 23 Mei 2022 | 18:21 WIB
Kondisi lahan bersengketa yang telah dipasang kawat berduri oleh Ingot Ahmad Hutasuhut
Kondisi lahan bersengketa yang telah dipasang kawat berduri oleh Ingot Ahmad Hutasuhut

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Darmawati masih mempersoalkan bukti kepemilikan lahan di Jalan Putri Indah Ujung, Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru yang saat ini turut diklaim dimiliki oleh Ingot Ahmad Hutasuhut. Menurut Darmiwati, dirinya memiliki bukti kepemilikan, sementara Ingot hingga saat ini belum bisa menunjukkannya.

Terkait persoalan tersebut, tengah bergulir di pengadilan. Dimana Ingot bertindak sebagai Penggugat, sementara Darmiwati sebagai salah satu pihak Tergugat.

Agenda sidang gugatan perdata tersebut telah masuk dalam tahap Replik di Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru, Senin (23/5). Saat sidang tersebut, Ingot melalui Kuasa Hukumnya, Paula Rosi menyerahkan Replik kepada majelis hakim yang diketuai Dahlan, dan pihak Tergugat.

"Tergugat apakah menanggapi (replik)?," tanya Hakim Ketua. Atas pertanyaan itu, Erni Marita yang mewakili Tergugat menyatakan akan menanggapi Replik tersebut.

(ikln/Dodi)
Baca Juga: Kadis DPP Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut Pagari Lahan Sengketa dengan Kawat Berduri

Atas hal itu, majelis hakim menunda persidangan selama sepekan. Kemudian, meminta Kuasa Hukum Tergugat menyusun Duplik. "Untuk Duplik, kita agendakan pekan depan," pungkas Hakim Dahlan menutup persidangan.

Dari salinan Replik yang diterima Haluan Riau, disampaikan beberapa poin yang ditanggapi pihak Penggugat. Salah satunya, terkait Penggugat tidak miliki bukti kepemilikan yang sah.

Menurut Penggugat, hal itu bukan merupakan dalil eksepsi sebagaimana yang ditentukan oleh hukum acara yang berkenaan dengan formalitas suatu gugatan. Melainkan itu telah masuk dalam materi yang menyangkut tentang pokok perkara.

"Karena untuk menentukan apakah Penggugat (Ingot,red) memiliki atau tidak memiliki bukti pemilikan yang sah untuk mengajukan gugatan sebagai Penggugat, harus terlebih dahulu dibuktikan dalam persidangan pemeriksaan pokok perkara," demikian kutipan Replik yang disampaikan Ingot.

Atas hal tersebut, Erni Marita selaku Kuasa Hukum Penggugat menyatakan akan menanggapi Replik tersebut. "Kami akan menjawab (Replik Penggugat) sesuai bukti yang kami miliki. Bahwa klien kami merupakan pemilik tanah yang sah," ujar Erni Marita usai persidangan.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X