Jaksa Tuntut Anthony Hamzah 3 Tahun Bui: Hal Yang Memberatkan, Dia Seorang PNS

- Kamis, 19 Mei 2022 | 15:39 WIB
Istimewa (Amri/HRC)
Istimewa (Amri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Terdakwa Anthony Hamzah kasus pengrusakan di PT Langgam Harmoni dituntut jaksa tiga tahun penjara. Jaksa menilai Ketua Koperasi Sawit Makmur (Kopsa-M) itu terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kampar, Arif Budiman melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum), Hari Naurianto mengatakan tuntutan itu dibacakan pada sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Bangkinang, Rabu (19/5) kemarin.

"Tuntutan dibacakan kemarin, dalam tuntutan, kita menuntut Anthony Hamzah 3 Tahun penjara. Ia dinyatakan telah melanggar pasal 368 ayat (1) KUHPidana jo. Pasal 55 ayat (1) Ke–2 KUHPidana," kata Hari Naurianto pada haluanriau.co Kamis (19/5).

Hari mengatakan Anthony Hamzah, telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana dengan memberi atau menjanjikan sesuatu, dengan menyalahgunakan kekuasaan atau martabat, dengan kekerasan.

Baca Juga: Jika Sudah Selesai Rehabilitasi, Coki Pardede Ungkap Bakal Roasting DIrinya Sendiri

Kemudian, ancaman atau penyesatan atau dengan memberi kesempatan, sarana atau keterangan, sengaja menganjurkan orang lain supaya melakukan perbuatan dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum.

Dan memaksa seseorang dengan kekerasan atau ancaman kekerasan untuk memberikan barang sesuatu, yang seluruhnya atau sebagian adalah kepunyaan orang itu atau orang lain, atau supaya membuat hutang maupun menghapus piutang.

"Yang memberatkan terdakwa (Anthony Hamzah, red) tidak mengakui perbuatannya dan juga dia merupakan seorang pegawai negeri sipil (PNS). Sebagai Dosen yang bergelar Doktor seharusnya Anthony Hamzah memberikan contoh yang baik dan benar dalam bertindak. Kemudian bersikap dan berperilaku baik dalam menghadapi dan menyelesaikan suatu persoalan," ujar Hari Naurianto.

Adupun yang meringankan kata mantan Kasi Pidum Kejari Salorangun Provinsi Jambi itu, terdakwa Anthony Hamzah belum pernah dihukum.

Baca Juga: Penjaringan Balon KONI Rohul Ditutup, Tiga Nama Ikut Ambil Formulir

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X