Berkas Perkara Annas Maamun Telah di Pengadilan

- Kamis, 12 Mei 2022 | 15:45 WIB
Annas Maamun (Rompi Orange)
Annas Maamun (Rompi Orange)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Jaksa Penuntut Umum pada Komisi Pemberantasan Korupsi melimpahkan berkas dugaan korupsi dengan tersangka Annas Maamun ke Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Pekanbaru. Seiring itu, JPU juga melimpahkan surat dakwaannya.

Adapun perkara yang menjerat Annas Maamun adalah dugaan rasuah berupa suap terkait dengan pengesahan RAPBDP TA 2014 dan RAPBD TA 2015 Provinsi Riau. Penanganan perkara dilakukan penyidik pada KPK.

Saat dikonfirmasi, Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, membenarkan hal tersebut. Dikatakan Ali, berkas perkara tersangka 81 tahun itu telah dinyatakan P-21 beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, penyidik melimpahkan tersangka dan barang bukti ke JPU. Tahap II itu dilaksanakan pada Senin (18/4) kemarin.

Baca Juga: Media Inggris Sebut 95 Persen Frenkie de Jong Gabung MU

Sembari itu, lanjut Ali, Tim Jaksa akan mempersiapkan segala sesuatunya terkait pelimpahan berkas perkara ke pengadilan. Ali menegaskan, berkas perkara akan dilimpahkan paling lama dalam 14 hari ke depan.

"Hari ini, Kamis (12/5), Jaksa KPK Yoga Pratomo telah melimpahkan berkas perkara berikut surat dakwaan Terdakwa Anas Maamun ke Pengadilan Tipikor pada PN Pekanbaru," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Kamis siang.

Dengan telah dilimpahkannya berkas perkara tersebut, maka penahanan Annas Maamun beralih menjadi kewenangan Majelis Hakim dan untuk sementara waktu tempat penahanan masih tetap di titipkan pada Rutan KPK pada Kavling C1.

"Selanjutnya menunggu penetapan penunjukkan Majelis Hakim dan penetapan hari sidang dengan agenda pembacaan surat dakwaan," sebut Ali Fikri.

Baca Juga: Diduga Cabuli Muridnya, Guru Ngaji di Mempura Ditangkap Polisi

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berkas Perkara Annas Maamun Telah di Pengadilan

Kamis, 12 Mei 2022 | 15:45 WIB
X