Tiga Ivent Digelar Bulan Agustus, Hadiah Pacu Jalur Tahun 2022 Hanya Berupa Hewan Ternak

- Minggu, 8 Mei 2022 | 17:17 WIB
Plt Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby didampingi Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing Azhar (masker putih). (Akmal)
Plt Bupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby didampingi Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing Azhar (masker putih). (Akmal)

HALUANRIAU.CO, TELUK KUANTAN-Pemerintah Daerah (Pemda) Kuantan Singingi (Kuansing) telah mengeluarkan jadwal perhelatan Pacu Jalur ditahun ini. Pesta rakyat itu nantinya akan dilaksanakan dalam bulan Agustus 2022.

Hanya ada tiga ivent pacu jalur nantinya, dua di tingkat kecamatan dan satu ivent nasional. Ditahun ini, Pemda mengubah sebutan untuk perhelatannya. Ditingkat kecamatan dahulunya disebut Rayon, sekarang diganti dengan istilah Pacu Kebudayaan.

Hal itu diutarakan oleh Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby saat berlangsungnya atraksi budaya Perahu Baganduang di Tepian Muko Lobuah Desa Banjar Padang Kecamatan Lubuk Jambi, Sabtu (7/5).

"Ya tahun ini ada tiga ivent saja. Digelar pada awal, tengah dan akhir Agustus mendatang," terang Suhardiman Amby.

Ketiga ivent itu nantinya akan diselingi dengan malam kebudayaan, saat itu akan berlangsung perlombaan kesenian lokal. "Bisa aja perlombaan rarak godang, kotuak-kotuak, randai dan atau kesenian lokal yang lainnya," papar Suhardiman.

Diwaktu yang bersamaan, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing Azhar menambahkan bahwa Kecamatan Kuantan Hilir dan Kecamatan Kuantan Mudik lah yang akan melaksanakan Pacu Kebudayaan.

"Di Lubuk Jambi (Ibu Kota Kecamatan Kuantan Mudik) pada awal Agustus, Kuantan Hilir pertengahan Agustus, dan penutupnya ivent nasional di Tepian Narosa," jelas Azhar.

Pelaksanaan di Kecamatan Kuantan Mudik belum pasti tanggalnya, sedangkan pada tanggal 15-17 Agustus 2022 akan berlangsung di Kuantan Hilir, kemudian ivent nasional pada tanggal 21-14 Agustus 2022.

Ada yang sangat berbeda kali ini dengan perhelatan pacu jalur sebelumnya, yakni tidak ada hadiah berupa uang tunai untuk ivent Pacu Kebudayaan. Hadiahnya hanya berupa hewan ternak saja.

Halaman:

Editor: Akmal

Terkini

X