Miliki Banyak Objek Wisata, Kuantan Mudik Usulkan Diri Jadi Destinasi Wisata Utama Kuansing

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 21:05 WIB
Camat Kuantan Mudik Sada Risnah. (Akmal)
Camat Kuantan Mudik Sada Risnah. (Akmal)

HALUANRIAU.CO, TELUK KUANTAN-Pemerintah Kecamatan Kuantan Mudik mengusulkan daerahnya menjadi Destinasi Wisata Utama di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). Sebab, daerah tersebut memiliki banyak destinasi wisata.

Hal itu diutarakan oleh Camat Kuantan Mudik Sada Risnah dihadapan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) saat berlangsungnya Atraksi Budaya Perahu Baganduang, Sabtu (7/5).

"Potensi wisata sangat lengkap, baik itu wisata alam, kebudayaan dan lainnya," jelas Sada Risnah.

Dipaparkannya, Kuantan Mudik saat ini memiliki banyak destinasi wisata diantaranya wisata sejarah di Desa Sangau, kemudian wisata budaya di Desa Banjar Padang serta wisata alam dibeberapa lokasi.

"Kita punya Padang Candi, Perahu Baganduang, Air Terjun Pati Soni, Air Terjun Guruh Gemurai, Air Terjun Dangku-dangku dan objek wisata alam lainnya," jelas Sada Risnah.

Disamping itu juga, di Kuantan Mudik juga ada beberapa objek wisata buatan yang dikelola oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) di beberapa desa. Seperti Objek Wisata Tobek Paboun, Topian Mandi Napagh Kuniang.

Sudah seharusnya, usulan ini mendapatkan dukungan dari Pemda Kuansing. Banyak dampak positif jika memang Kuantan Mudik dijadikan kawasan wisata utama di Negeri Jalur.

"Ini sudah dibuktikan dengan beberapa Desa yang memiliki objek wisata, (ada) peningkatan ekonomi masyarakat setempat. Pendapatan masyarakat terutama yang memiliki warung ada penambahan," ulasnya lagi.

Sumber Daya Manusia (SDM) di Kuantan Mudik pun sudah siap menjalankannya jika mendapatkan dukungan. Kesiapan itu juga dapat dilihat dari beberapa Desa yang memiliki Pokdarwis, yang sejauh ini dinilai telah memberikan pelayanan baik terhadap pengunjungnya.

Halaman:

Editor: Akmal

Terkini

X