Tahun 2023 Ivent Perahu Baganduang Berlangsung Tiga Hari, Plt Bupati Kuansing : Akan Ada Malam Kebudayaan

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 17:56 WIB
Masyarakat tumpah ruah menonton atraksi budaya Perahu Baganduang di Tepian Muko Lobuah Desa Banjar Padang. (Akmal)
Masyarakat tumpah ruah menonton atraksi budaya Perahu Baganduang di Tepian Muko Lobuah Desa Banjar Padang. (Akmal)

HALUANRIAU.CO, TELUK KUANTAN-Pemerintah Daerah (Pemda) Kuantan Singingi (Kuansing) berencana akan memperbesar pelaksanaan ivent Perahu Baganduang untuk tahun 2023.

Rencananya akan berlangsung beberapa hari dengan tambahan penampilan budaya lainnya, mengingat Kecamatan Kuantan Mudik ini memiliki banyak kebudayaan.

Hal itu diungkapkan oleh Plt Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Suhardiman Amby seusai pelaksanaan Atraksi Budaya Perahu Baganduang di Tepian Muko Lobuah Desa Banjar Padang, Sabtu (7/5).

"Akan ditampilkan semua kegiatan budaya, jadi tidak tunggal Perahu Baganduang saja," terang Plt Bupati Kuansing, Suhardiman Amby.

Budaya lainnya itu, jelas Suhardiman, ditampilkan sebagai penunjang saja. Bisa saja itu pacu jalur, atau penampilan kreasi kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat Lubuk Jambi.

"Siangnya Perahu Baganduang, malamnya bisa ada malam kebudayaan dengan tampilan kreasi kebudayaannya, atau bisa saja diadakan pacu jalur. Jadi iventnya tidak satu hari, bisa dua atau tiga hari," papar Suhardiman.

Disamping itu juga, Pemda Kuansing akan menyiapkan tambahan anggaran dalam pelaksanaannya nanti. Renovasi Balai Adat di Tepian Muko Lobuah pun akan dianggarkan.

"Tahun depan (konsep perluasan ivent budaya,red) sudah bisa dilaksanakan," tutup Suhardiman.

Editor: Akmal

Terkini

APBD-P Kuansing Menunggu Waktu Pelaksanaan

Jumat, 30 September 2022 | 20:30 WIB
X