887 Warga Binaan Lapas Bangkinang Dapat Remisi Khusus Idul Fitri, 1 Orang Hirup Udara Bebas

- Senin, 2 Mei 2022 | 15:18 WIB
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang Sutarno bersama warga binaan yang mendapat remisi. (Amri/HRC)
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang Sutarno bersama warga binaan yang mendapat remisi. (Amri/HRC)


HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Sebanyak 887 orang warga binaan yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang Kanwil Kemenkumham Riau mendapatkan remisi khusus Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kepala Lapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno mengatakan bahwa remisi di momen lebaran Idul Fitri tahun ini diberikan kepada hampir dari setengah penghuni Lapas Kelas IIA Bangkinang yang berjumlah sebanyak 1.725 orang.

"Pada remisi khusus I yaitu sebanyak 884 orang dan remisi khusus II sebanyak 3 orang dengan satu orang langsung bebas," kata Sutarno pada haluanriau.co, Senin (2/5).

Ia menuturkan, dari seluruh warga binaan yang menerima remisi langsung bebas ada satu orang. Namun untuk remisi khusus I yang menerima pemotongan masa tahanan selama 15 hari itu sebanyak 98 orang, pemotongan masa tahanan selama 1 bulan ada 503 orang, pemotongan masa tahanan selama 1 bulan 15 hari sebanyak 246 orang dan pemotongan masa tahanan 2 bulan sebanyak 37 orang.

"Kalau untuk remisi khusus II hanya ada satu orang yang langsung bebas, kemudian satu orang belum bayar denda, satu orangnya lagi sedang diproses," ujarnya.

(ikln/DPRD KP/Akmal)
Baca Juga: Jauh Dari Keluarga, Warga Binaan Lapas Bangkinang Rayakan Hari Raya Idul Fitri Penuh Suka Cita

Sutarno mengatakan warga binaan yang mendapat remisi tersebut harus memenuhi beberapa syarat. Seperti berperilaku baik selama masa tahanan, memenuhi syarat administrasi vonis dan juga bagi warga binaan dengan pidana umum setidaknya telah menjalani masa tahanan selama 6 bulan.

"Remisi kita berikan kepada warga binaan yang memenuhi syarat, mereka harus berkelakuan baik dan mengikuti program pembinaan yang kita berikan," ucapnya.

"Kita berikan remisi ini adalah salahsatu upaya untuk memberikan motivasi kepada warga binaan sehingga dapat secepatnya kembali kepada masyarakat," tambahnya.

Ia menambahkan untuk momentum Idul Fitri di tahun ini, Lapas Bangkinang belum bisa mengizinkan bagi keluarga binaan untuk berkunjung secara tatap muka, dengan alasan kondisi dan situasi masih pandemi COVID-19.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X