Meski Jauh Dari Keluarga, Warga Binaan Lapas Bangkinang Rayakan Hari Raya Idul Fitri Penuh Suka Cita

- Senin, 2 Mei 2022 | 15:09 WIB
Momentum Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang Sutarno beserta  jajaran bermaaf - maafan dengan warga binman. (Amri/HRC)
Momentum Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang Sutarno beserta jajaran bermaaf - maafan dengan warga binman. (Amri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Suasana syahdu menyelimuti di Lapas Kelas IIA Bangkinang, saat warga binaan mengikuti salat Idul Fitri bersama petugas lapas, Senin (2/5). Pelaksanaan salat id tersebut digelar di lapangan blok hunian baru, yang berada di kawasan Lapas Kelas IIA Bangkinang.

Warga binaan Lapas sendiri berjumlah 1725 orang. dengan 63 persen penghuninya terjerat kasus narkoba.

Setelah satu bulan menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, warga binaan ini dengan penuh suka cita merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah walaupun jauh dari keluarga.

Pada Ramadhan tahun ini, ada 60 warga binaan Lapas Kelasa IIA Bangkinang yang khatam Al-Quran.

Baca Juga: 6.771 WBP di Riau Dapat Remisi Khusus Lebaran, 31 Orang Langsung Bebas

Usai melaksanakan salat id, suasana haru dan bahagia tampak di raut wajah warga binaan dalam menyambut Hari Kemenangan, setelah itu mereka bersama-sama merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Kepala Lapas Bangkinang, Sutarno mengatakan, sesuai surat edaran Kemenkumham RI, momentum Idul Fitri di tahun ini, Lapas Bangkinag juga belum bisa mengizinkan bagi keluarga binaan untuk berkunjung secara tatap muka, dengan alasan kondisi dan situasi masih pandemi COVID-19.

Namun untuk melepas rindu para warga binaan terhadap keluarga Lapas Bangkinang menyedikan layanan vidio call.

"Sesuai dengan surat ederan dari pimpinan kita, bahwa untuk kunjungan kita berikan secara virtual. Yang kita berikan izin menitipkan makanan dan minuman pada warga binaan," ujar Sutarno pada haluanriau.co usai sholat Id.

Baca Juga: Kapolda Riau dan Forkopimda Keliling Kota Pekanbaru, Malam Takbiran Berlangsung Aman dan Kondusif

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X