Idul Fitri 1443 H di Depan Mata, Berikut Tips Mudik dan Nyaman dari PLN UP3 Rengat

- Kamis, 28 April 2022 | 17:17 WIB
Manajer PLN UP3 Rengat, Beny Indra Praja (Eka/HRC)
Manajer PLN UP3 Rengat, Beny Indra Praja (Eka/HRC)

HALUANRIAU.CO, RENGAT - Mudik merupakan sebuah tradisi masyarakat Indonesia saat libur Lebaran Idul Fitri 1443 H terutama bagi warga perantauan menjadi momen khusus pulang kampung untuk berjumpa dengan keluarga maupun sanak saudara di kampung.

Hal ini disampaikan oleh Manajer PLN UP3 Rengat, Beny Indra Praja di ruang kerjanya, Pematang Reba, (28/04/2022).

"Pada tahun 2022 ini masyarakat begitu antusias mudik lebaran karena 2 tahun terakhir mengalami situasi pandemi Covid-19 sehingga masyarakat tidak dapat melaksanakan mudik, alhamdulillah pada Lebaran tahun ini situasi pandemi Covid-19 sudah mereda dan Pemerintah Indonesia telah menetapkan libur dan cuti bersama Lebaran Idul Fitri 1443 H / 2022 M sehingga masyarakat dapat melakukan Mudik Lebaran," kata Beny.

Berikut tips-tips menjaga yang diberikan oleh PLN UP3 Rengat kepada masyarakat untuk mencegah kebakaran akibat arus hubung singkat listrik di rumah saat mudik Lebaran, antara lain:

  1. Pastikan seluruh peralatan elektronik sudah dimatikan dan steker tercabut dari stop kontak;
  2. Pastikan instalasi listrik sesuai standar dalam rumah dalam kondisi baik dan aman;
  3. Lakukan pengisian token listrik dan pastikan token listrik cukup untuk penerangan rumah saat libur lebaran;
  4. Melunasi tagihan rekening listrik untuk menghindari pemutusan;
  5. Upayakan memasang/mengganti bola lampu untuk penerangan luar menggunakan bola lampu type photocell/timer yang dapat secara otomatis hidup pada malam hari dan mati pada pagi hari;
  6. Hindari dan jangan melakukan penyalahgunaan pemakaian energi listrik dirumah.

Baca Juga: Lepas Keberangkatan 'Mudik Kebangsaan', Kapolda Riau: Sampaikan Salam Saya untuk Keluarga di Kampung

Selain itu jangan lupa melepas regulator kompor yang terpasang pada tabung gas, mengunci seluruh jendela dan pintu rumah serta pagar rumah dan menitip pesan ke tetangga dan RT setempat bahwa kita sedang Mudik Lebaran.

"Bagi masyarakat yang tidak melakukan Mudik Lebaran tidak perlu cemas terhadap kelancaran suplay listrik ke rumah warga, karena PLN UP3 Rengat tetap stand by 24 jam untuk menjaga kelancaran suplay listrik ke masyarakat," jelas Beny.

Berbagai kemudahan Layanan PLN dalam genggaman melalui Aplikasi PLN Mobile, Pelanggan PLN dapat melakukan pengisian token listrik maupun pembayaran tagihan rekening listrik, pengaduan keluhan dan gangguan, catat meter mandiri, layanan pasang baru dan tambah daya serta berbagai informasi terkait PLN.

"Semoga pada momen Lebaran Idul Fitri tahun ini dapat membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik dan saling memaafkan kepada sesama," tutup Beny.

Baca Juga: BPU LAM Riau Beri Santunan Ratusan Anak Yatim

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

511 Napi Dapat Remisi di Rengat

Rabu, 4 Mei 2022 | 19:04 WIB
X