Komisi II Bahas Kelangkaan Daging Sapi Bersama Distankan Pekanbaru

- Rabu, 23 Maret 2022 | 13:00 WIB
Komisi II DPRD Kota Pekanbaru bersama Distankan Pekanbaru membahas sebab terjadinya kelangkaan daging sapi. (Istimewa)
Komisi II DPRD Kota Pekanbaru bersama Distankan Pekanbaru membahas sebab terjadinya kelangkaan daging sapi. (Istimewa)



HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru mempertanyakan sebab terjadinya kelangkaan daging sapi di Kota Pekanbaru kepada Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru.

Kedua belah pihak membahas itu dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang berlangsung Selasa (23/3). Rapat dipimpin oleh Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru Dapot Sinaga SE. Kemudian, dihadiri Kadistankan Firdaus.

Komisi II DPRD Pekanbaru mendapat banyak laporan bahwa pasokan daging sapi di sejumlah pasar tradisional kosong lantaran tidak adanya pasokan stok daging dari rumah potong.

"Kita ingin tahu langsung apa sebenarnya permasalahan daging sapi ini langka kemarin. Sampai-sampai pedagang sapi itu mengadu dan menelfon kami bahwa daging sapi itu sampai tidak ada kemarin," kata Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru, Dapot Sinaga.

Ketua Komisi II DPRD Kota Pekanbaru Dapot Sinaga (paling ujung) memaparkan maksud dan tujuan RDP tersebut. (Istimewa)

Baca Juga: Komisi IV Hearing Bersama Dinas Perkim Pekanbaru

Untuk itu, Politisi PDI Perjuangan ini juga mengingatkan Distankan agar terus memantau ketersediaan sapi di Kota Pekanbaru. "Apalagi ini mau masuk bulan ramadhan, pasti permintaan daging sapi ini akan tinggi. Kita harap Distankan terus memantau stok sapi untuk masyarakat Kota Pekanbaru, jangan lengah," sambung Dapot.

Diwaktu yang bersamaan, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Kadistankan) Kota Pekanbaru Firdaus memastikan ketersediaan stok daging sapi di Pekanbaru aman menjelang Ramadan, meski mengalami kenaikan harga.

Rumah Potong Hewan (RPH) juga sudah bisa melayani pemotongan sapi 33 ekor setiap harinya.  "Alhamdulillah, mulai senin malam sudah ada pemotongan kembali pasca kelangkaan beberapa waktu lalu, yakni sebanyak 33 ekor sesuai standar per harinya. Untuk stok di rumah potong sendiri ada stok 67 ekor dan diperjalanan nanti malam akan masuk lagi 10 mobil. Insya Allah, ketersediaan sapi hingga ramadhan nanti aman," jelas Firdaus dihadapan Komisi II DPRD Kota Pekanbaru.

Distankan Kota Pekanbaru terus berkoordinasi bersama Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Provinsi lampung agar distribusi sapi tetap lancar.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X