Pelaku Pembakar Karhutla Seluas 50 Hektar di Keritang Ditangkap

- Kamis, 14 April 2022 | 12:41 WIB
Pelaku, Ds (51) (Evrizon/HRC)
Pelaku, Ds (51) (Evrizon/HRC)

HALUANRIAU.CO, TEMBILAHAN - Pelaku pembakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Parit Matiro Deceng, Desa Pancur, Kecamatan Keritang, Kabupaten Inhil, Provinsi Riau ditangkap aparat kepolisian setempat.

Pelaku yang ditangkap Polsek Keritang, Polres Inhil adalah berinisial Ds (51).

Kapolres Inhil, AKBP Dian Setyawan melalui Kasat Reskrim, AKP Amru Abdullah, mengatakan saat ini pelaku yang telah diamankan berada di Mapolres Inhil untuk dimintai keterangan.

“Pelaku ditangkap karena membakar lahan seluas lebih kurang 50 hektar di wilayah hukum kita,” ujarnya.

Menurutnya, awal mula penangkapan para pelaku tersebut berdasarkan laporan yang diterima adanya titik hotspot yang terpantau Satelite NOAA20 sumber NASA melalui aplikasi Lancang Kuning yang berlokasi di Parit Matiro Deceng, Desa Pancur, Kecamatan Keritang, pada 30 Maret 2022 lalu.

Baca Juga: Upika Tualang Dukung Pembangunan Mushola di Taman Motuyoko Perawang

"Dari laporan tersebut, petugas langsung mengecek ke lokasi kejadian. Di sana (di lokasi kejadian) ternyata benar adanya kebakaran lahan,” katanya dalam keterangan tertulis, Rabu 13 April 2022.

Selain mengamankan pelaku karhutla itu, sambungnya, polisi turut mengamankan sejumlah barang bukti kayu yang digunakan untuk membakar lahan.

Dalam kasus tersebut, pelaku terancam dijerat Pasal 187 KUHP tentang pembakaran selama. Hukuman penjaranya paling lama 10 tahun.

“Kepada masyarakat Inhil, kami imbau agar tidak membakar lahan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tetap #Cari_aman Agar Bisa Ikutan AHMBS 2022

Senin, 20 Juni 2022 | 17:14 WIB
X