Berburu Ikan Segar Hasil Tangkapan Nelayan Tradisional Kampung Tualang

- Selasa, 12 April 2022 | 14:56 WIB
Hasil tangkapan ikan (Dolly/HRC)
Hasil tangkapan ikan (Dolly/HRC)

HALUANRIAU.CO,Siak - Beberapa orang warga Kampung Tualang yang bermukim di pinggiran Sungai Siak masih menggantungkan hidup mereka sebagai nelayan tradisonal.

Suherman (45), salah seorang warga kampung tualang yang mengais rejeki setiap harinya dengan mencari ikan dan udang di perairan Sungai Siak.

Kepada haluanriau.co, Selasa (12/4) Suherman bercerita, dia dan beberapa orang rekannya menekuni pekerjaan tersebut sudah semenjak belasan tahun silam.

Dia mengaku, tidak mempunyai keterampilan lain untuk menghidupi keluarganya, sehingga untuk bersaing didunia kerja, mereka sudah pasti kalah dengan yang memiliki titel sarjana.

Berprofesi sebagai nelayan merupakan pilihan Suherman dan beberpa orang rekannya untuk mengais rejeki yang halal.

Baca Juga: Berkas Perkara Telah di Pengadilan, Oknum Aktivis Ini Segera Disidang

"Kendati demikian, setiap usaha pasti tidak akan menghianati hasil. Selagi kita mau bekerja turun mengais rejeki mencari ikan ke sungai siak, pasti pulang mendapatkan hasil tangkapan yang bisa untuk kebutuhan sehari-hari dan lebihnya kami jual kewarga sekitar," ulasnya.

Lebih jauh Suherman bercerita, setiap harinya dia turun kesungai siak sekira pukul 05:00 WIB, baqda subuh, dan pulang siang hari baqda Zuhur.

Dia mengaku hasil tangkapan setiap harinya tidak bisa dipastikan banyak atau sedikit.

"Kalau rejeki lagi bagus, bisa mendapatkan ikan yang besar dalam jumlah yang banyak, kalau lagi kurang beruntung, setidaknya lepasa untuk kebutuhan keluarga saja," kenangnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X