Polda Riau Gerebek Gudang Bio Solar Oplosan

- Kamis, 7 April 2022 | 11:01 WIB
Gudang produksi bio solar di Jalan Melati. (Akmal)
Gudang produksi bio solar di Jalan Melati. (Akmal)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU-Kepolisian Daerah (Polda) Riau berhasil mengungkap praktek produksi Bahan Bakar Minyak (BBM) ilegal, puluhan ribu liter BBM dan satu orang dijadikan tersangka dalam perkara tindak pidana tersebut.

Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) menggerebek lokasi produksi itu pada Minggu (3/4) lalu, tepat di sebuah gudang di Jalan Melati Kelurahan Simpang Baru Kecataman Binawidya.

Kabidhumas Polda Riau Kombes Pol Sunarto menyebut bahwa BBM yang dihasillan merupak produk oplosan, dimana para pelaku mencampur beberapa bahan.

"Di oplos disini dengan komposisi tertentu sehingga menjadi seperti minyak solar yang tanpa subsidi," terang Kombes Sunarto saat ekspos di lokasi kejadian, Kamis (7/4).

Aktivitas ini telah berlangsung selama tiga bulan terakhir, yang tertangkap merupakan pekerjanya inisial RM, sedangkan pemilik gudang saat ini sedang dalam pengejaran kepolisian.

"Pekerja dua orang, satu sedang off dikala dilakukan penangkapan. Pemilik gudang sedang dilakukan upaya penangkapan," sambung Narto sapaan akrabnya.

Bahan produksi berupa minyak solar dan minyak mentah,hasil oplosan berupa BBM berupa dexlite.

"Mereka mendapat berbagai sumber, salah satu beli di SPBU dengan harga konsumen, dicampur minyak mentah dari jambi, oplosan mengahasilkan turunan seperti dex," singkat Kombes Narto.

Editor: Akmal

Terkini

X