Harga Cabe Alami Penurunan di Inhil

- Selasa, 29 Maret 2022 | 14:19 WIB
Istimewa (Evrizon/HRC)
Istimewa (Evrizon/HRC)

HALUANRIAU.CO, TEMBILAHAN - Harga cabai turun, seiring dengan tingginya produksi pada puncak panen dibulan Maret yang tidak diikuti dengan serapan optimal.

Menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagtri), Dhoan Dwi Anggara melalui Kabid Perdagangan, Hj Salbiah, menjelaskan berdasarkan pantauan pedagang cabai di Kota Tembilahan dari 25 Maret 2022 s/d 28 Maret 2022, mengalami penurunan dari angka 5%  sampai 36%, Seperti harga cabai merah keriting  sampai menyentuh Rp35 ribu per-kg, sebelumnya itu cabai merah keriting berkisar Rp55 ribu per-kg di tingkat pasaran.

“Pasar sangat lesu dan produksi tinggi, Kalau normal di tingkat petani agar tidak rugi harga jual dan konsumen sesuai dengan kebutuhan konsumen," Hj Salbiah.

Ia berharap, pola tanam harus dibenahi dan proses pascapanen juga harus diatur untuk mengantisipasi fluktuasi harga akibat potensi surplus yang besar dan serapan pasar yang tidak optimal.

Baca Juga: Cegah Kejahatan Jalanan, Satlantas Polres Siak Gelar Razia KRYD Cipta Kondisi

“Kalau hasil panen didistribusikan keseluruhan, justru akan berpengaruh pada supply demand,” harapnya.

Data Pusat Informasi Harga bahan pokok dari pedagang eceran dipasar Selodang Kelapa, Tembilahan, saat ini menunjukkan bahwa harga cabai merah keriting Rp.35 ribu/kg, cabai merah besar Rp40 ribu/kg, cabai rawit merah Rp.50 ribu/kg, cabai rawit hijau Rp38 ribu/kg.

Baca Juga: Menantu Basko, Kamil Pasha Resmi Pimpin Brigif Para Raider 3 Kostrad

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tetap #Cari_aman Agar Bisa Ikutan AHMBS 2022

Senin, 20 Juni 2022 | 17:14 WIB
X