Wali Kota Firdaus 'Ancam' Kepsek Soal Capaian Vaksin, Fathullah : Tak Cerminkan Kepala Daerah

- Selasa, 29 Maret 2022 | 12:36 WIB
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru Fathullah (Istimewa)
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru Fathullah (Istimewa)


HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru Firdaus 'mengancam' para Kepala Sekolah (Kepsek) akan dilengeserkan dari jabatannya jika capaian vaksinasi siswa di sekolah tidak tercapai dalam jangka waktu dekat.

Arahan bernada ancaman itu dilontarkan Wali Kota Pekanbaru Firdaus dalam Rapat Evaluasi PPKM Level 3, Senin (28/3) kemarin. Jika tak tercapai, Sekolah Negeri akan dicopot dan sekolah swasta tidak diperbolehkan untuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Arahan itu berdampak buruk, salah satu sekolah swasta kembali mengeluarkan surat pernyataan orang tua atas vaksinasi terhadap anaknya. Empat poin tercantum dalam surat tersebut, diantara orang tua atau wali murid tidak akan menuntut jika terjadi dampak yang tidak diinginkan seusai vaksin.

Kebijakan yang dilontarkan Wali Kota Pekanbaru itu disebut tidak mencerminkan sikap seorang pemimpin oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru Fathullah.

Baca Juga: Kades Sungai Langsat Ultimatum PT Citra Riau Sarana

"Jangan diancam-ancam, tidak jadi kepala daerah kalau pernyataannya seperti itu," kecam Fathullah, Selasa (29/3).

Alangkah lebih baik, terkait masih rendahnya capain vaksinasi umur 6-11 tahun itu dibicarakan untuk mencari solusinya, bukan menyudutkan para Kepsek.

"Kita cari solusi yang lain, jangan main pecat-pecat seperti itu juga," ulas politisi Partai Hanura itu.

Vaksinasi bukanlah sesuatu yang bisa dilaksanakan dengan cara paksaan, tambah Fathullah, sebab akan ada tanggungjawab yang muncul setelah vaksinasi.

Baca Juga: Komitmen Polda Riau dalam Rapim 2022, Ambil Bagian dalam Pemulihan Ekonomi

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X