Bupati dan Wabup hadiri Rakor Arahan Presiden RI

- Jumat, 25 Maret 2022 | 11:49 WIB
Istimewa (Jhoni/HRC)
Istimewa (Jhoni/HRC)

HALUANRIAU.CO, ROKAN HILIR - Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong bersama Wabup H Sulaiman SS MH hadiri acara Rakornas Arahan Presiden RI Terkait Pemanfaatan Produk Dalam Negeri, dalam Rangka Bangga Buatan Indonesia (BBI). Kegiatan ini dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Hyatt Nusa Dua Bali, Jumat (25/3/2022).

Adapun para peserta dikoordinir oleh Kemenkomarvest melalui Biro Persidangan Istana berjumlah hampir 600an peserta.Yang terdiri dari Kementerian dan Lembaga. Seperti dari Kemenparekraf, Kemen PuPR, Kemenhan RI, Kapolri, Kemenkes, Kemdikbudristek, Kemenhub, Kemenag, Kemenkominfo, Kementan RI, Kemenkeu, Kemenperin, Kemen BUMN, Bappenas RI, Jaksa Agung, Kemendagri, Kepala BPKP, Ketua BPK RI, Kepala LKPP, Panglima TNI serta empat Menteri Kordinator seperti Menkomarves, Menko PMK, Menko Perekonomian, Menkopolhukam RI.

Untuk para kepala Daerah se Indonesia ada 34 Gubernur dan 514 Bupati / Walikota serta BUMN seperti Inalum, BRI, Telkom, Wika, Pelindo, Pupuk Indonesia, Pertamina, PLN, PTPN 3 dan sebagainya.

Acara hari ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan yang dikemas dalam "Business Matching" ini berlangsung dari tanggal 22-25 Maret 2022.

Pemerintah optimistis, dari potensi belanja pemerintah pusat dan daerah yang mencapai Rp1.071,4 triliun, sebesar Rp400 triliun di antaranya akan diserap melalui komitmen belanja produk-produk dalam negeri sepanjang tahun 2022.

Selaras dalam penyelenggaraan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri di Nusa Dua Bali pada 22-24 Maret 2022 lalu mendapatkan repson yang sangat positif.

Capaian komitmen sebesar Rp214,1 triliun dalam waktu tiga hari selama pelaksanaan Business Matching Belanja ini pun dicatat Museum Rekor Indonesia (Muri) sebagai transaksi terbesar belanja produk dalam negeri selama tiga hari.

Baca Juga: Sempena HBP Ke-58, Lapas Kelas IIA Bagansiapiapi Gelar Donor Darah

Presiden RI Joko Widodo juga mengharapkan Pemerintah Daerah memanfaatkan Katalog Elektronik (e-katalog) yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) untuk belanja barang Produk Dalam Negeri atau PDN.

Dengan memanfaatkan e-katalog ini akan mempermudah lelang yang selain menghindari potensi kecurangan, juga menumbuhkan geliat UMKM.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rohil Kembali Raih Opini WTP Dari BPK RI

Selasa, 17 Mei 2022 | 21:42 WIB
X