Cegah Penularan TBC Dilingkup Rutan, Karutan Siak Gandeng Dinas Kesehatan Adakan Penyuluhan & Screening

- Kamis, 24 Maret 2022 | 16:21 WIB
Suasana Penyuluhan Penyakit TBC di Rutan Siak (Dolly/HRC)
Suasana Penyuluhan Penyakit TBC di Rutan Siak (Dolly/HRC)

HALUANRIAU.CO, SIAK - Dalam rangka hari TBC sedunia, Rutan Siak bersama Dinas Kesehatan mengadakan penyuluhan dan screning pendampingan kelompok resiko tinggi dengan tema “Investasi Untuk Eliminasi TBC Selamatankan Bangsa”.

Acara yang berlangsung di Rutan Siak Sri Indrapura, Kamis (25/3) pagi itu, dibuka langsung oleh Karutan Siak, Tonggo Butarbutar.

Turut hadir, Wasor TBC, Kepala Puskesmas Siak, Diskes Siak Bidang P2P, serta Kasubsi Pelayanan tahanan dari Rutan Siak.

"Dalam sambutannya, Karutan Siak Tonggo Butarbutar menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada seluruh instansi yang terlibat serta turut menghadiri kegiatan ini," ungkapnya.

Menurut Tonggo, kegiatan tersebut sangat penting, terutama dapat memberikan pengetahuan tentang TBC dan pencegahan penyebaran TBC itu sendiri.

"Selain itu, kami dari Rutan Siak juga dapat mengetahui serta memantau penyebaran TBC pada WBP khususnya di Rutan Siak, karena Rutan beresiko tinggi dalam penyebaran TBC," sambungnya.

Baca Juga: Terpidana Narkotika Minta Dikeluarkan dari Tahanan, Kejari Pekanbaru: Sedang Diproses

Kendati demikian, dia berharap kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkesinambungan.

Terpisah, perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Siak menyampaikan, bahwa pihaknya peduli terhadap kesehatan WBP yang ada di Rutan Siak.

Menurutnya, WBP sangat rentan terhadap penyebaran penyakit TBC antara sesama WBP yang ada didalam rutan siak, serta berpotensi menyebarkan ke pegawai yang ada dilingkup rutan siak, maka dari itu pihaknya akan memaksimalkan pelayanan kesehatan yang ada didalam rutan.

Baca Juga: Jelang HBP Ke-58, Pegawai Lapas Bangkinang Gelar Kegiatan Donor Darah

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PT Arara Abadi Diduga Serobot Kebun Masyarakat

Rabu, 15 Juni 2022 | 22:43 WIB
X