Jelang HBP Ke-58, Pegawai Lapas Bangkinang Gelar Kegiatan Donor Darah

- Kamis, 24 Maret 2022 | 15:09 WIB
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang Sutarno ikut Donor mendonorkan Darah. (Amri/HRC)
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang Sutarno ikut Donor mendonorkan Darah. (Amri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bangkinang melaksanakan kegiatan donor darah. Hal itu merupakan rangkain dari peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-58 Tahun 2022.

Yang bertajuk pemasyarakatan Pasti dan Berakhlak mewujudkan Indonesia maju. Selain dinilai sebagai kegiatan kemanusiaan, ternyata juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Donor darah dapat mengeluarkan sel darah yang sudah tua dan merangsang pertumbuhan sel darah baru. Mengetahui manfaat dari donor darah ini pegawai Lapas Kelas IIA Bangkinang berbondong melaksanakan kegiatan donor darah yang dilaksanakan di Aula Kantor, Kamis (24/03).

Dalam kegitan itu, Lapas Bangkinang menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kampar. Kepala Lembaga Pemasyarakatan, Pejabat Struktural, Staf dan Anggota Regu Pengamanan mengikuti tahapan verifikasi sebelum dilakukan pendonoran darah.

Baca Juga: Kejari Pelalawan Dorong Upaya Restorative Justice Perkara Pidana Umum Ringan

Tahapan verfikasi meliputi registrasi, pengecekan tensi darah, pengecekan HB (Haemoglobin), pengecekan golongan darah dan konseling oleh tim medis dari PMI. Setelah dinyatakan dalam kondisi yang fit, baru pegawai boleh dilakukan pengambilan darah sebanyak 350 cc (1 kantong).

"Kegiatan donor darah ini adalah sebagai refleksi kepedulian dari petugas pemasyarakatan dalam hal kemanusiaan. Selain itu kegiatan ini merupakan rangkaian perayaan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-58 Tahun," kata Kalapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno, Kamis (24/3).

"Dalam kegiatan seluruh petugas Lapas Bangkinang kita libatkan untuk melakukan donor darah,” sambungnya.

Dikatakan Sutarno, donor darah yang telah dilaksanakan ini juga sebagai wujud dari petugas pemasyarakatan yang peduli akan hal kemanusiaan, Karena antusias pegawai Lapas Bangkinang dalam melaksanakan kegiatan donor darah cukup tinggi.

Ia juga memaparkan bahwa masih ada beberapa rangkaian kegiatan lagi yang dilaksanakan pihaknya untuk memeriahkan perayaan Hari Bhati Pemasyarakatan Tahun ini. Yaitu diantaranya Pekan Olahraga bagi WBP, lomba film pendek, lomba vlog, lomba inovasi  layanan publik, “one day, dan one prison’s product”.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rendi Winata Resmi Jabat Kasi Intel Kejari Kampar

Kamis, 11 Agustus 2022 | 18:46 WIB

Lapas Bangkinang Terima 12 Orang Tahanan Baru

Kamis, 28 Juli 2022 | 17:47 WIB
X