Bacakan Dakwaan, Jaksa: Ketua Kopsa M Anthony Hamzah "Pernah" Meminta Uang Rp40 Miliar ke PT Langgam Harmoni

- Jumat, 18 Maret 2022 | 11:22 WIB
 (Istimewa)
(Istimewa)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Ketua Koperasi Sawit Makmur (Kopsa M) Anthony Hamzah menjalani persidangan atas perkara dugaan penyerangan perumahan karyawan PT Langgam Harmoni.

Agenda kali ini, adalah pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Sidang digelar di PN Bangkinang, Kamis (17/3).

Anthony Hamzah diduga sebagai otak pelaku pengrusakan di perumahan PT Langgam Harmoni Desa Pangkalan Baru, Siak Hulu, Kabupaten Kampar. Ia menjalani persidangan dari Rutan Polres Kampar secara online.

Dalam dakwaanya, Jaksa Penuntut Umum pada Kejaksaan Negeri Kampar membeberkan sebelum terjadi aksi pengrusakan di PT Langgam Harmoni Anthony Hamzah sebelumnya pernah meminta uang sebesar Rp 13 Miliar dan juga pernah meminta sebesarRp 40 miliar pada pihak perusahaan tersebut untuk penyelasain masalah tumpang tindih lahan milik PT Langgam Harmoni dengan lahan milik Kopsa-M. Hal itu agar PT Langgam Harmoni tidak lagi diganggu oleh Kopsa-M.

Baca Juga: RSTP Perkenalkan Riset, Inovasi dan Inkubasi ke Calon Pengusaha Tangguh Pekanbaru

"Bahwa berawal pada waktu yang tidak dapat ditentukan lagi secara pasti akan tetapi masih dalam tahun 2017, terdakwa Anthony Hamzah selaku Ketua Kopsa-M Kabupaten Kampar menemui saksi Karealitas Zagato selaku General Manager PT Langgam Harmoni di Kota Pekanbaru. Saat pertemuan tersebut terdakwa Anthony Hamzah menyampaikan kepada saksi Karealitas Zagato mengenai permasalahan tumpang tindih lahan antara lahan milik PT Langgam Harmoni dengan lahan milik Kopsa-M," kata JPU Satrio Aji Wibowo saat membacakan dakwaan di hadapan Majelis Hakim yang diketuai Dedi Kuswara dan Kuasa Hukum Anthony Hamzah.

"Terdakwa Anthony Hamzah juga menyampaikan agar PT Langgam Harmoni tidak diganggu oleh Kopsa-M. Terdakwa meminta kepada saksi Karealitas Zagato untuk membayar uang sejumlah Rp13 miliar," sambungnya.

Jaksa menyampaikan karena sampai tahun 2018 permintaan uang sejumlah Rp 13 oleh terdakwa Anthony Hamzah tidak dipenuhi oleh saksi Karealitas Zagato. Di Tahun yang sama terdakwa kembali menemui saksi Karealitas Zagato di Kota Pekanbaru. Dalam pertemuan tersebut, terdakwa kembali menyampaikan mengenai permasalahan tumpang tindih lahan antara lahan milik PT Langgam Harmoni dengan lahan milik Kopsa-M.

Baca Juga: TPP ASN Cair, BPKAD Baru Transfer Untuk 7 OPD Yang Lain Belum Mengajukan

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Artikel Terkait

Terkini

X