Oknum Kades di Pelalawan, Diduga Gunakan Ijazah Palsu

- Kamis, 10 Maret 2022 | 12:27 WIB
Ilustrasi Ijazah Palsu (Istimewa)
Ilustrasi Ijazah Palsu (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, PANGKALAN KERINCI - Seorang Oknum Kepala Desa (Kades) Kuala Terusan, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau, berinisial HG (39) saat melakukan pendaftaran bakal calon Kades tahun lalu, diduga memakai ijazah Sekolah Dasar (SD) palsu.

Kades yang baru terpilih pada tahun 2022 dan telah dilantik oleh Bupati Kabupaten Pelalawan beberapa waktu yang lalu, didesak warga desa untuk segera mengundurkan diri karena terindikasi memakai ijazah milik orang lain ataupun palsu.

"Silahkan mundur, kalau tidak kami akan melakukan demo ke kantor bupati untuk menuntut bupati segera memberhentikan oknum Kades HG," ujar warga yang tidak bersedia menyebutkan namanya saat ditemui di lokasi Kantor Desa Kuala Terusan, Senin (7/3).

Masih menurut pengakuan warga Desa Kuala Terusan, Kades ini oleh pihak panitia pencalonan, diduga sengaja diloloskan, walaupun telah diketahui kades tersebut mendaftar dengan memakai ijazah yang diduga bermasalah.

Baca Juga: Satresnarkoba Polres Inhil Tangkap 2 Orang Pengedar Narkoba di Tembilahan Hilir

"Kita berharap aparat penegak hukum dapat menyelidiki kasus ini dan sekaligus kita meminta Bupati Pelalawan, H Zukri Misran untuk mengeluarkan keputusan memberhentikan sementara," ucapnya lagi.

Sementara itu hasil penusuran yang dilakukan tim Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Penjara Indonesia Kabupaten Pelalawan, ditemukan fakta yang menduga adanya penyalahgunaan ijazah milik orang lain ataupun palsu.

"Kita temukan adanya keanehan, dimana nama kepala sekolah yang tertulis pada ijazah, berbeda dengan nama kepala sekolah pada saat ijazah itu dikeluarkan," terang Ketua LSM Penjara Indonesia Purba melalui sambungan seluler, Senin (7/3).

Dijelaskannya lagi, sebagaimana diutarakan warga yang kecewa atas proses pencalonan Kades, menyebutkan bahwa Kades HG sempat duduk di bangku Sekolah Dasar (SD), namun tidak lulus.

"Jelaslah warga desa tahu, kalau HG tidak tamat sekolah SD, namun kok tiba-tiba punya ijazah untuk mendaftar sebagai calon Kades," jelas Purba lagi.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X