Kejari Serahkan Pendapat Hukum kepada Bupati Pelalawan

- Rabu, 9 Maret 2022 | 14:50 WIB
Istimewa (Dodi/HRC)
Istimewa (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PELALAWAN - Kejaksaan Negeri memberikan Legal Opinion kepada Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Bupati Zukri. Pendapat hukum itu terkait persoalan yang dimohonkan sebelumnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Bupati Pelalawan, Selasa (8/3) kemarin. Saat itu hadir langsung Kepala Kejari (Kajari) Pelalawan, Silpia Rosalina.

"Pada kegiatan tersebut juga hadir Tim Jaksa Pengacara pada Kejaksaan Negeri Pelalawan yang terdiri dari Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara, Marulitua J Sitanggang, dan saya sendiri," ujar Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejari Pelalawan, Fusthathul Amul Huzni, Rabu (9/3).

Dikatakan FA Huzni, Kajari Silpia Rosalina secara langsung menyampaikan kepada Bupati Pelalawan tentang poin-poin utama yang menjadi hasil analisa Tim Jaksa Pengacara Negara. Hal itu terkait persoalan yang dimohonkan untuk diberikan Pendapat Hukum atau Legal Opinion.

Baca Juga: Diwarnai Aksi Kejar-kejaran, Penangkapan Pelaku Curanmor Tenyata Seorang ODGJ

Lanjut dia, Kejari Pelalawan melalui Jaksa Pengacara Negara pada bidang Datun dapat memberikan bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lain kepada Bupati / Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

"Hal itu sesuai dengan persoalan yang dimohonkan oleh Bupati Pelalawan berdasarkan ketentuan yang diatur dalam Pasal 24 Peraturan Presiden RI Nomor 38 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kejaksaan RI sebagaimana telah diubah menjadi Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2021," lanjut FA Huzni.

Dikatakan dia, Pemkab Pelalawan secara proaktif melakukan koordinasi dengan Jaksa Pengacara Negara apabila terdapat persoalan yang kemudian butuh untuk diberikan bantuan hukum dalam penyelesaiannya. Dengan begitu, dalam melaksanakan kegiatan, akan terhindar dari permasalahan hukum yang mungkin bisa terjadi ke depannya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Pelalawan, H Zukri menyampaikan apresiasinya kepada Jaksa Pengacara Negara dikarenakan telah dapat menguraikan analisa hukum yang juga memuat langkah-langkah yang dapat ditempuh oleh Pemerintah Daerah Pelalawan dalam menyelesaikan persoalan yang dimohonkan untuk diberi pendapat hukum tersebut.

"Pak Bupati juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Bagian Hukum akan selalu berkoordinasi dengan Jaksa Pengacara Negara dalam rangka penyelesaian permasalahan-permasalahan yang dihadapi khususnya dalam bidang Perdata dan Tata Usaha Negara," imbuh Kasi Intel.''

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X