Kota Pekanbaru Raih Penghargaan Piala Adicita Sewaka Pertiwi oleh Kemenpan-RB

- Selasa, 8 Maret 2022 | 17:50 WIB
Istimewa (pekanbaru.go.id)
Istimewa (pekanbaru.go.id)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Dua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang berada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru meraih penghargaan Pelayanan Prima tingkat nasional hasil evaluasi tahun 2021 yang diberikan oleh Kemenpan-RB.

Kedua OPD tersebut adalah Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPM-PTSP) serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Kedua instansi tersebut diganjar nilai A oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) atas Pelayanan Publik yang diberikan kepada masyarakat.

Dengan demikian, Pemko Pekanbaru "dilabeli" sebagai Pembina Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima Lingkup Pemerintah Daerah Tahun 2021.

Baca Juga: Kementerian Kesehatan Sebut Ramadhan Tahun Ini, Shalat Tarawih Berpeluang Tidak Jaga Jarak

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus (Pekanbaru.go.id)

Selain dua penghargaan yang sangat bergengsi tersebut, Kemenpan RB juga turut memberikan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, penghargaan sebagai pembina pelayanan terbaik.

Tidak hanya itu, Menteri Tjahjo Kumulo untuk pertama kalinya memberikan penghargaan Adicita Sewaka Pertiwi untuk Wali Kota Pekanbaru di InterContinental Jakarta, Pondok Indah pada Selasa (8/3/2022).

Penghargaan ini diberikan untuk pimpinan kementerian atau lembaga serta kepala daerah yang telah berhasil meraih dua tahun berturut-turut predikat A atau pelayanan prima.

Sebelumnya, Pemko Pekanbaru telah meraih pelayanan prima tahun 2019 silam, dimana pada gelombang kedua evaluasi kinerja layanan publik dari Kemenpan RB tersebut, DPM-PTSP Pekanbaru mampu meraih nilai A dengan Layanan Prima.

Dalam momen yang sama, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, juga dinobatkan sebagai Kepala Daerah Pembina Publik.

Di tahun 2020 yang lalu, Pemko Pekanbaru juga berhasil mempertahankan capaian tersebut. Bahkan Disdukcapil Pekanbaru juga memperoleh layanan Prima dengan nilai A dari Kemenpan RB.

Baca Juga: Komisi Kejaksaan RI Puji Kinerja Kejari Pekanbaru

Untuk evaluasi layanan publik tahun 2021, Pemko Pekanbaru kembali mempertahankan prestasinya, sehingga dianugerahkan Adicita Sewaka Pertiwi dari Kemenpan-RB.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pemerintah Pusat atas penghargaan yang telah diberikan.

"Kita bertetimakasih juga kepada Pemerintah Pusat. Bapak Tjahjo Kumolo tadi menyampaikan pelayanan untuk masyarakat secara prima adalah visi Presiden Bapak Joko Widodo dan Wakilnya Bapak Ma'ruf Amin, oleh sebab itu tugas pemerintah adalah melayani masyarakat," sebut Firdaus, usai menerima penghargaan tersebut.

Ditambahkannya, Pelayanan Publik merupakan jendela menuju kesejahteraan. Pelayanan yang prima dibidang perizinan dan non perizinan akan berbanding lurus dengan kesejahteraan.

"Pelaku usaha dapat kemudahan, tentu investasi masuk semakin banyak. Dengan demikian akan membuka lapangan pekerjaan baru, ekonomi tentu bergerak, terkahir tentu kita semua akan sejahtera," tambah Wali Kota.

Walaupun dengan capaian dibidang pelayanan publik yang  diraih Pemko Pekanbaru semakin banyak. Inovasi dibidang layanan publik tidak akan berhenti. "Inovasi serta peningkatan digitalisasi dalam layanan publik terus digulirkan. Karena dengan digitalisasi tersebut, kualitas dan kwantitas layanan publik akan semakin baik," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: pekanbaru.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Personel Polda Riau Raih Penghargaan Medali PBB

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:21 WIB

Kota Pekanbaru Masuk Penilaian Adipura 2022

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:01 WIB
X