Sinergi PLN dan Pemerintah Daerah Dalam Rapat Koordinasi Pembangunan Listrik Dusun Di Kabupaten Indragiri Hulu

- Senin, 7 Maret 2022 | 21:42 WIB
Rapat Koordinasi antara PLN dengan Pemerintah Daerah (Eka/HRC)
Rapat Koordinasi antara PLN dengan Pemerintah Daerah (Eka/HRC)

HALUANRIAU.CO, RENGAT - PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Rengat, PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Proyek Kelistrikan (UP2K) Riau dan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu mengadakan pertemuan secara video conference pada hari Senin, tanggal 7 Maret 2022.

Rapat Koordinasi tersebut dihadiri oleh Manajer PLN UP3 Rengat, Beny Indra Praja, Manajer PLN UP2K Riau, Yanuar, Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang diwakili oleh Kepala Bagian Sumber Daya Alam (SDA) dan Ekonomi, Bakri, serta perwakilan dari Bappeda Inhu.

Rapat ini merupakan bentuk sinergi PLN dan Pemerintah Daerah (Pemda) yang bertujuan untuk mensinkronkan Rasio Desa/Dusun, Rasio Elektrifikasi (RE) dan koordinasi Road Map Pembangunan Jaringan Listrik Dusun yang dilaksanakan oleh PLN.

Pada kesempatan ini Beny menjelaskan bahwa wilayah pelayanan PLN UP3 Rengat meliputi 3 (tiga) Kabupaten yaitu Kabupaten Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kuantan Singingi. Di PLN UP3 Rengat terdapat 5 (Lima) Unit Layanan Pelanggan (ULP), dimana untuk Kabupaten Indragiri Hulu dilayani oleh ULP Rengat Kota dan ULP Air Molek.

“Untuk kapasitas daya listrik sendiri di Kabupaten Indragiri Hulu saat ini pada posisi aman, yaitu disupplai dari Sistem Interkoneksi Sumatera melalui Gardu Induk (GI) Rengat dan diperkuat 2 (dua) PLTMG (Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas) yaitu di Siberida dan Lirik.

Namun dari sisi pola konsumsi listrik masyarakat masih tergolong rendah yaitu dengan jam nyala rata rata 120 JN per bulan,” jelas Beny.

Lebih lanjut, Beny menyampaikan bahwa saat ini PLN sedang mensosialisasikan dan juga meminta dukungan Pemda ikut mensukseskan Program Electricfying Lifestyle seperti Program Pemerintah terkait penggunaan Kompor Induksi listrik sebagai Konversi dari  Kompor LPG, penggunaan Motor Listrik di era EV (Electric Vehicle) generasi.

“Dalam Proses Pembangunan Infrastruktur Kelistrikan di Kabupaten Indragiri Hulu, PLN meminta dukungan ke Pemda terkait kemudahan perizinan, percepatan pembangunan infrastruktur tenaga listrik tentunya akan dirasakan manfaatnya juga oleh masyarakat dan Pemerintah Daerah setempat,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kabag SDA dan Ekonomi Pemerintah Kabupaten Inhu, Bakri, dalam sambutannya mengharapkan support percepatan dan dukungan PLN dalam melistriki Dusun yang belum berlistrik di Kabupaten Indragiri Hulu.

“Kami sangat berharap dukungan dan support PLN dalam melistriki daerah yang belum dialiri listrik, seperti Dusun Sungai Arang, Kepayang Sari dan beberapa dusun lainnya, serta perbaikan tiang portal yang terkena abrasi di daerah Pulau Gajah,” ujar Bakri.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

511 Napi Dapat Remisi di Rengat

Rabu, 4 Mei 2022 | 19:04 WIB
X