Perkara Menag Yaqut Dilimpahkan ke Mabes Polri

- Senin, 7 Maret 2022 | 17:08 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Kementrian Agama)
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Kementrian Agama)


HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Sejumlah pihak, mulai dari tokoh masyarakat hingga organisasi pemuda, melaporkan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas ke Polda Riau. Belakangan, laporan tersebut dilimpahkan ke Mabes Polri untuk ditindaklanjuti.

Menag Yaqut dilaporkan ke polisi terkait perkataannya yang membahas soal aturan penggunaan toa masjid. Saat itu beberapa wartawan mewawancarai Yaqut di Gedung Daerah Provinsi Riau mengenai kebijakan yang dikeluarkannya tersebut.

Dalam penyampaiannya, Yaqut turut memberi perumpamaan gonggongan anjing, yang dinilai banyak kalangan tidak pantas dan menjurus pada dugaan penistaan agama.

Atas hal itu, sejumlah kalangan pun mendatangi Polda Riau untuk membuat laporan. Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Riau juga telah menerbitkan Surat Tanda Laporan Polisi (STPL).

Baca Juga: Komisi I DPRD Inhil Gelar Rapat Bersama BKPSDM Tindak Lanjuti Surat dari Forum honorer K2 Indonesia

Terkait perkembangan penanganan perkaranya, Kombes Pol Sunarto memberikan penjelasannya. Dikatakan. Kabid Humas Polda Riau itu, Apihaknya tidak menangani kasus ini. Polda Riau telah melimpahkan penanganan perkaranya ke Bareskrim Mabes Polri.

"Sudah dilimpahkan ke Mabes Polri," singkat Sunarto, Senin (7/3).

Sebelumnya, Menag Yaqut dilaporkan oleh tokoh masyarakat Riau, Azlaini Agus ke Polda Riau pada 25 dan 26 Februari 2022. Dia datang ke Polda Riau bersama warga lainnya, Saleh, didampingi kuasa hukumnya.

Mantan Komisioner Ombudsman RI itu datang membuat pengaduan masyarakat secara lisan dan tertulis terhadap Menag Yaqut terkait ilustrasi pengeras suara masjid dan gonggongan anjing.

Baca Juga: Kabar Baik! Pelaku Perjalanan Domestik Tak Perlu Swab Antigen atau PCR Jika Sudah di Vaksin Lengkap

Azlaini menyatakan mantan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo, mendukung laporan ini dan menyebut bersedia menjadi saksi ahli.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Personel Polda Riau Raih Penghargaan Medali PBB

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:21 WIB

Kota Pekanbaru Masuk Penilaian Adipura 2022

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:01 WIB
X