Banyak Alami Kerusakan, Instansi Terkait Pastikan Perbaikan Jalan Lintas Siak Selesai Sebelum Lebaran

- Rabu, 2 Maret 2022 | 15:49 WIB
Kondisi jalan Provinsi yang berada di jalan Pemda sebelum jembatan Maredan, Kecamatan Tualang (Dolly/HRC)
Kondisi jalan Provinsi yang berada di jalan Pemda sebelum jembatan Maredan, Kecamatan Tualang (Dolly/HRC)

HALUANRIAU.CO, SIAK - Intensitas curah hujan yang cukup tinggi beberapa bulan terakhir membuat beberapa titik ruas jalan provinsi yang ada di Kabupaten Siak mengalami kerusakan.

Pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini Dinas PUPR PKPP melalui kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah I, Ardi Irfandi membenarkan hal tersebut.

Ardi menyampaikan, pihaknya dalam waktu dekat akan segera mengatasi masalah kerusakan jalan provinsi yang ada di Kabupaten Siak yang disebabkan oleh tingginya curah hujan beberapa bulan terakhir.

“Sebelum lebaran nanti, insya allah jalan yang rusak akan selesai masa perbaikannya,” kata dia.

Baca Juga: Dibaca oleh 23 Juta Orang, Novel The Other Side Karya Alya Ranti Diangkat ke Layar Lebar

Ardi Irfandi juga bilang, untuk sistim pengerjaan kita masih seperti biasa, sama dengan tahun sebelumnya, saat ini kita mulai pengerjaan perbaikan jalan provinsi dari Simpang Perawang-Minas.

Selain itu, kata Ardi Irfandi menambahkan, kendaraan bertonase berat atau truck odol juga menjadi salah satu penyebab rusaknya jalan provinsi di Kabupaten Siak ini.

Jalan Provinsi yang ada di Kabupaten Siak ini merupakan gololang kelas I, artinya jalan tersebut hanya diperuntukkan untuk kendaraan bertonase maksimal 10 ton.

Akan tetapi, Kendaraan yang melintas disana kebanyakan bertonase lebih dari 10 ton, bahkan kendaraan bertonase 30 ton acap kali melintasi jalan tersebut.

Seperti kita ketahui bersama, kendaraan truck pengangkut CPO banyak melintasi jalan tersebut, rata-rata kendaraan pengangkut CPO itu bertonase lebih dari yang seharusnya, sambung mantan Kabid Binamarga PUPR Kabupaten Siak itu.

"Untuk di sekitar wilayah tersebut banyak terdapat Pabrik Kelapa Sawit (PKS), sehingga jalan tersebut menjadi pelintasan truck pengakut CPO," kata dia lagi.

Kendati demikian, Ardi Irfandi berharap pihak perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dapat memberikan kontribusi terkait perbaikan jalan disekitar wilayah operasionalnya.

Menurut Ardi, pihak perusahaan dapat berkontribusi dengan menyalurkan dana Corporate Social Responbillity (CSR) untuk perbaikan jalan tersebut.

"Kami siap untuk bekerja sama terkait hal tersebut, karna ini semua untuk kemajuan dan kelancaran mobilisasi di Kabupaten Siak, Provinsi Riau," ulasnya.

"Meskipun begitu, Ardi Irfandi mengimbau kepada pengguna jalan raya agar selalu berhati-hati saat berkendara, karna dengan kondisi jalan yang saat ini kurang baik jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan," pungkasnya.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X