Herman Abdullah, Berani Tutup Lokalisasi Teleju dan Mampu Bawa Kota Pekanbaru Raih Adipura

- Minggu, 27 Februari 2022 | 22:48 WIB
Mantan Walikota Pekanbaru (Istimewa)
Mantan Walikota Pekanbaru (Istimewa)


HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Herman Abdullah meninggal dunia, Minggu (27/2) malam. Dia menghembuskan napas terakhir saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru di usia 71 tahun.

Herman Abdullah merupakan Wali Kota Pekanbaru periode 2001-2011. Satu dekade kepemimpinannya, Kota Pekanbaru mampu meraih Piala Adipura sebanyak tujuh kali berturut-turut.

Herman Abdullah merupakan putra Buya Abdullah Hasan, ulama Minangkabau dari Pangkalan Koto Baru, Lima Puluh Kota, Sumatra Barat. Secara garis ibu, Herman Abdullah ialah anggota suku Domo dari Kenegerian Air Tiris, Kampar.

Ia memulai kariernya di pemerintahan Kota Pekanbaru sebagai Ketua Bappeda, kemudian menjadi Sekretaris Daerah, dan Wali Kota. Selama kepemimpinannya ia banyak melakukan pembenahan.

Baca Juga: Mantan Walikota Pekanbaru, Herman Abdullah Meninggal Dunia

"Antara lain di bidang kebersihan dan tata kota, dimana pada masa pemerintahannya, Pekanbaru berhasil meraih Piala Adipura sebanyak tujuh kali berturut-turut. Selain itu, Herman juga memperoleh Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) beberapa kali," begitu sepenggal kutipan dari laman Wikipedia.

Herman juga berhasil mengundang investor luar untuk berinvestasi di Pekanbaru. Hal ini ditandai dengan banyaknya perusahaan pengembang yang mengembangkan proyek propertinya di Kota Bertuah. Berkat prestasinya itu, ia banyak mendapatkan penghargaan. Antara lain ialah Satya Lencana Pembangunan Presiden RI pada tahun 2005.

Herman Abdullah juga dikenal sebagai pemimpin yang berani. Salah satunya, dengan menutup lokalisasi Teluk Lembu Ujung atau Teleju pada medio 2009-2010 lalu.

Baca Juga: Tanggap Bencana, Pegadaian Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Pasaman Barat

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD Desak Pemprov Riau Bangun Sekolah Baru

Selasa, 5 Juli 2022 | 16:28 WIB
X