Pekerjaan Pemeliharaan di Ruas Jalan Enok-Benteng-Batas Jambi, Mulai di Laksanakan

- Minggu, 27 Februari 2022 | 19:34 WIB
Kondisi terkini ruas Jalan Enok-Benteng (Evrizon/HRC)
Kondisi terkini ruas Jalan Enok-Benteng (Evrizon/HRC)

HALUANRIAU.CO, TEMBILAHAN - Pekerjaan pemeliharaan jalan Provinsi Riau di ruas jalan Enok-Benteng-Batas Jambi dengan titik lokasi di wilayah Benteng, Kecamatan Sungai Batang telah mulai dilaksanakan, Sabtu (26/2/22).

Menurut Kepala UPT Wilayah IV (Empat) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Riau, Sanusi, pekerjaan berupa pemeliharaan yang bersifat fungsional pada ruas Jalan Enok-Benteng-Batas Jambi di titik lokasi Benteng diestimasikan akan selesai dalam 10 ke depan.

"Bisa jadi 7 hari. Tergantung kondisi di lapangan. Saat ini, pekerja kita terkendala masalah cuaca yang menyulitkan operasional alat berat kita. Kita menurunkan satu set alat berat," kata Sanusi melalui sambungan seluler, Minggu (27/2/2022) siang.

Menurut Sanusi, kegiatan pemeliharaan konstruksi jalan yang dilaksanakan di wilayah Benteng merupakan pemeliharaan rutin, yang mana pemeliharaan ini dilakukan secara terus menerus sepanjang tahun. Tujuannya adalah untuk memperbaiki kerusakan kecil, penambalan lubang, pemburasan, perbaikan kerusakan tepi perkerasan hingga perawatan trotoar.

Baca Juga: Naik Hari Ini, Berikut Daftar Harga LPG Non Subsidi Tingkat Agen di Indonesia

"Pekerjaan pemeliharaan konstruksi jalan merupakan pekerjaan yang penting untuk dilaksanakan karena konstruksi jalan merupakan investasi modal yang besar. Sehingga, apabila pelaksanaaannya diabaikan akan membutuhkan biaya rekonstruksi yang sangat mahal untuk bisa mempertahankan performance standard," papar Sanusi.

Untuk diketahui, selain di wilayah Benteng, sejak Januari lalu, pihak UPT Wilayah IV (Empat) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Riau juga melaksanakan pekerjaan pemeliharaan jalan di wilayah Selensen, Kecamatan Kemuning.

Sementara, Anggota DPRD Provinsi Riau, H Dani M Nursalam mengapresiasi perhatian yang diberikan Pemerintah Provinsi Riau  melalui UPT Wilayah IV (Empat) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang sebagai wujud komitmen pembangunan daerah.

H Dani berharap, dengan adanya pemeliharaan jalan di wilayah Benteng ini, maka akses transportasi masyarakat dan konektifitas antar wilayah akan semakin terbuka. Sehingga, roda perekonomian masyarakat akan berputar berkat mobilitas masyarakat yang tinggi.

"Melalui pemeliharaan jalan, diharapkan akan mampu meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa guna menunjang pertumbuhan ekonomi. Di samping itu, pemeliharaan jalan juga merupakan wujud pemerataan pembangunan di seluruh wilayah, khususnya Indragiri Hilir. Inilah salah satu hal yang kita harapkan dan butuhkan," pungkas Pria yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi IV (Empat) DPRD Provinsi Riau.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X