Demi Jaga Netralitas ASN dan Kades, Bawaslu Inhu Laksanakan Sosialisasi Pencegahan

- Rabu, 23 Februari 2022 | 16:11 WIB
Anggota Bawaslu Inhu, Ronny Fitrian (Kanan) bersama dengan Roma Doris (kiri) (Dolly/HRC)
Anggota Bawaslu Inhu, Ronny Fitrian (Kanan) bersama dengan Roma Doris (kiri) (Dolly/HRC)

HALUANRIAU.CO, RENGAT - Menghadapi pemilu dan pemilihan yang akan digelar pada tahun 2024 mendatang, Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu lakukan upaya pencegahan terhadap potensi kerawanan pelanggaran netralitas ASN dan Kepala Desa.

Sebagaimana diketahui bahwa pada perhelatan pemilu dan pemilihan yang telah lalu, terdapat beberapa kasus pelanggaran netralitas ASN dan Kepala Desa yang diproses oleh Bawaslu Indragiri Hulu hingga sidang di pengadilan yang berujung penjatuhan pidana bagi pelakunya.

Mengantisipasi terjadinya kasus serupa, Bawaslu Indragiri Hulu lakukan upaya pencegahan.

Rony Fitrian, S.IP selaku Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Indragiri Hulu berkunjung ke kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Indragiri Hulu pada rabu (23/2) pagi.

Baca Juga: Nopol Kendaraan di Kebun PKS Milik Pejabat PUPR Siak Tak Terdaftar

Disana, Rony menyampaikan rencana pelaksanaan kegiatan Sosialisasi bagi ASN, Kepala Desa dan Lurah terkait Netralitas dalam pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan serentak tahun 2024.

Rony menyampaikan, kegiatan yang direncanakan melibatkan 194 Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Indragiri Hulu sebagai peserta, dan ditaja bersama oleh Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu dan Pemerintah Daerah Kabupaten Indragiri Hulu.

Dalam kunjungan tersebut, Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu disambut baik dan ditemui langsung oleh Roma Doris, S.S., MPS., M.Eng, Kepala Dinas  Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Indragiri Hulu.

Melalui kunjungan tersebut, Rony menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk tanggungjawab dalam pelaksanaan tugas dan kewenangan Bawaslu Kabupaten Indragiri Hulu dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan tahun 2024 dalam pencegahan pelanggaran Netralitas ASN dan Kepala Desa di lingkup Kabupaten Indragiri Hulu

Karena menurut Rony, berdasarkan refleksi pelaksanaan Pemilu 2019 dan Pilkada 2020 Kabupaten Indragiri Hulu merupakan daerah rawan pelanggaran netralitas ASN dan Kepala Desa.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Alat Berat Diamankan, Polhut Sebut Ini

Jumat, 1 Juli 2022 | 17:05 WIB
X