Dukung Percepatan Pembangunan di Pekanbaru, Kejari Siapkan Tim PPS

- Selasa, 22 Februari 2022 | 18:06 WIB
Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Pekanbaru, Lasargi Marel (Dodi/HRC)
Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Pekanbaru, Lasargi Marel (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Kejaksaan Negeri mendukung percepatan pembangunan yang ada di Kota Pekanbaru. Salah satunya dengan mempersiapkan tim yang nantinya akan melakukan pengamanan dan pengawalan proyek strategis.

Pengamanan Proyek Strategis (PPS) itu sendiri berada di Bidang Intelijen.

"Pelaksanaan kegiatan PPS ini sesuai Surat JAM Intel (Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen,red) Nomor: B-1440/D/Dpp/11/2021 tanggal 2 November 2021 kemarin," ujar Kepala Kejari (Kajari) Pekanbaru, Teguh Wibowo melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen, Lasargi Marel, Selasa (22/2).

Dijelaskan Marel, untuk proyek strategis atau prioritas di Kota Pekanbaru, harus mendapat penetapan dari Wali Kota atau Direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kota Bertuah. Selanjutnya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan BUMD mengajukan permohonan ke Kejari Pekanbaru untuk permintaan pengamanan dan pengawalan kegiatan.

Baca Juga: Lokasi Final Liga Champions 2021/2022 Terancam Dipindah ke Inggris, Ada Apa?

"Kalau ada surat permintaan untuk PPS, kita akan telaah lagi, apakah kegiatan itu masuk proyek strategis/prioritas atau tidak. Salah satu syarat kegiatan tersebut dikatakan strategis/prioritas adalah dengan adanya suatu keputusan dari kepala daerah yang menyatakan kegiatan itu strategis/prioritas," jelas Marel.

"Jika tidak ada keputusan dari kepala daerah yang menyatakan strategis/prioritas kami tidak bisa melakukan pengamanan dan pengawalan tersebut," sambungnya.

Marel berharap, program PPS ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin guna percepatan pembangunan yang ada di Kota Pekanbaru. Pihaknya sendiri gencar melakukan sosialisasi agar hal ini diketahui dengan baik.

"Kami membuka diri dalam hal ini kalau ada OPD atau satker merasa ragu atau takut dalam menjalankan suatu kegiatannya. Karena PPS ini sifatnya kan mendorong percepatan proyek-proyek strategis dan prioritas. Bahkan presiden pun sudah mengeluarkan instruksi terkait hal ini," imbuh Marel.

Saat ditanyakan, apakah sejauh ini Kejari Pekanbaru telah ada menerima permohonan terkait PPS, Marel menyatakan belum ada. Kendati begitu, pihaknya terus mendorong dan melakukan sosialisasi agar program PPS ini bisa dimanfaatkan dengan baik.

"Saya mengimbau, tidak perlu ragu dan takut untuk mengajukan permohonan ke kami, Kejaksaan Negeri Pekanbaru. Tapi syaratnya yang tadi itu. Proyek tersebut masuk dalam proyek strategis atau prioritas," pungkas Jaksa yang pernah bertugas di Kejari Kampar dan Pelalawan itu.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X