Komitmen Pemkab Rohul Lestarikan Kampung Kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan

- Rabu, 16 Februari 2022 | 21:22 WIB
Musrenbang Kecamatan Kepenuhan membahas kelanjutan pembangunan Madrasah Suluk Syeck Abdul Wahab Rokan, Rabu (16/2) (Zuhdi/HRC)
Musrenbang Kecamatan Kepenuhan membahas kelanjutan pembangunan Madrasah Suluk Syeck Abdul Wahab Rokan, Rabu (16/2) (Zuhdi/HRC)

HALUANRIAU.CO, ROKAN HULU - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mengusulkan pembangunan infrastruktur pada wisata religi kampung kelahiran Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan tepatnya di Desa Rantau Binuang Sakti, Kecamatan Kepenuhan.

Usulan pembangunan infrastruktur ini disampaikan Camat Kepenuhan, Gustia Hendri, pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kepenuhan, Rabu (16/2).

"Ada tiga prioritas rencana pembangunan yang dimusyawarahkan. Pembangunan kantor Camat Kepenuhan, pembangunan Sport Center dan kelanjutan pembangunan Madrasah Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan," sebut Gustia Hendri.

Madrasah Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan mulai dibangun sekitar tahun 2018 lalu. Selanjutnya oleh Pemkab Rohul menetapkan  lokasi tersebut sebagai wisata religi Kabupaten Rohul. Pembangunan Madrasah Suluk ini belum selesai dan ada beberapa infrastruktur yang harus dibangun di lokasi tersebut.

"Ada beberapa sarana dan prasarana yang belum dibangun. Inilah sedang kita musyawarahkan bersama forum kecamatan yang juga dihadiri Bappeda Rohul dan anggota DPRD Rohul. Harapan kita bersama wisata religi kampung kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan ini dapat rampung sehingga dapat digunakan pada Milad Syekh Abdul Wahab Rokan pada pertengahan bulan November 2022 mendatang," jelasnya.

Baca Juga: Walau Badai Cidera Menghampiri, SIWO Riau Mampu Raih Peringkat Ketiga Turnamen Piala Gibran

Bupati Rokan Hulu H Sukiman saat acara milad tuan guru Syeck Abdul Wahab Rokan di Kecamatan Kepenuhan (Zuhdi/HRC)
Kondisi ini sebelumnya juga pernah disampaikan Bupati Rohul, H Sukiman pada milad ke 210 Syekh Abdul Wahab Rokan bulan November 2021, lalu. Pada kesempatan itu, Bupati Rohul H Sukiman menyatakan Pemkab Rohul berjanji akan mengembangkan dan melanjutkan pembangun Surau Suluk Syekh Abdul Wahab Rokan di Desa RBS yang refresentatif.

"Di samping itu, Pemkab Rohul juga akan melestarikan tempat kelahiran Tuan Guru Syekh Abdul Wahab Rokan yang akan dijadikan salah satu destinasi wisata sejarah religi Rohul serta sebagai pusat kegiatan Suluk di Asia Tenggara ke depannya," sebutnya.

Syekh Abdul Wahab Rokan lahir 28 September 1811, di Kampung Danau Runda, Desa RBS. Beliau merupakan seorang ulama ahli fiqih dan sufi, sekaligus mursyid pembimbing rohani Tarekat Naqsyabandiyah Khalidiyah di Provinsi Riau dan Sumatera Timur pada abad ke-19. Diketahui wafat di usia 115 tahun, pada 27 Desember 1926 di Kampung Besilam, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumut.

Baca Juga: Antar Pasien ODGJ ke RSJ, Polsek Tualang Ditagih Terkait Biaya Perawatan, Prosedur Rumah Sakit Dipertanyakan

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

22 Atlet PBVSI Rohul Siap Ikuti Porda Riau 2022

Minggu, 19 Juni 2022 | 17:56 WIB

RKPD Rohul Tahun 2023 Memasuki Tahap Finalisasi

Minggu, 19 Juni 2022 | 16:46 WIB
X