Pergeseran Anggaran Covid-19, Pemko Minta Pendampingan Kejari Pekanbaru

- Senin, 7 Februari 2022 | 14:41 WIB
Walikota Pekanbaru, Firdaus (tengah kiri) bersama dengan Kepala Kejari Teguh Wibowo (tengah kanan), Perwakilan Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru (Kanan) serta Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Muhammad Jamil (kiri). (Dodi/HRC)
Walikota Pekanbaru, Firdaus (tengah kiri) bersama dengan Kepala Kejari Teguh Wibowo (tengah kanan), Perwakilan Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru (Kanan) serta Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Muhammad Jamil (kiri). (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pandemi Covid-19 belum berakhir, termasuk di Kota Pekanbaru. Guna memutus mata rantai penyebaran virus yang kini bermutasi menjadi varian Omicron, dimungkinkan akan dilakukan pergeseran anggaran di dalam APBD Kota Pekanbaru.

Agar dalam pergeseran anggaran tidak terjadi penyimpangan, Pemerintah Kota (Pemko) meminta pendampingan kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru. Hal itu dituangkan dalam Nota Kesepakatan Bersama yang ditandangani Kepala Kejari (Kajari) Teguh Wibowo dan Wali Kota Pekanbaru, Firdaus.

Penandatanganan MoU itu dilakukan di Aula Lantai 6 Komplek Perkantoran Wali Kota, Senin (7/2). Kegiatan itu dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), Perwakilan Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako), Muhammad Jamil, dan para asisten dan staf ahli. Juga Disaksikan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat se-Kota Pekanbaru. Sementara itu, seluruh Lurah se-Kota Pekanbaru mengikuti kegiatan itu secara virtual.

Usai kegiatan, Kajari Pekanbaru, Teguh Wibowo menyampaikan, ada tiga hal yang tertuang di dalam MoU tersebut, yaitu, bantuan hukum, pertimbangan hukum dan tindakan hukum lainnya. Kesemuanya itu, kata Kajari, berada di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun).

Kajari Teguh Wibowo menerima piagam penghargaan dari Wako Pekanbaru Firdaus

Baca Juga: Anime Eureka Seven: Hall Evolution III Final Bakal Tayang di CGV Indonesia

"Nanti tentunya melalui SKK (Surat Kuasa Khusus, red) dari pihak pemko, kita akan menunjuk Jaksa Pengacara Negara apabila itu ada hal keperdataan," ujar Kajari, Teguh Wibowo yang saat itu didampingi Kepala Seksi (Kasi) Datun, Ridwan Dahniel, Kasi Intelijen, Lasargi Marel dan sejumlah JPN.

"Sementara untuk pendampingan pengadaan barang dan jasa, nanti kita minta kan juga permohonan dari Pemko," sambung mantan Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatra Barat itu.

Dikatakan Kajari, penandatanganan MoU seperti ini sudah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Dari evaluasi yang dilakukan, kerja sama ini sudah berjalan dengan baik.

"Ke depan mungkin lebih baik lagi, karena untuk pembangunan di Kota Pekanbaru, itu tentunya masyarakat sangat mendambakan. Dalam hal ini kami sebagaimana diamanahkan oleh Undang-undang Kejaksaan, dalam rangka mendampingi seluruh kegiatan baik perdata maupun TUN yang dilakukan Pemko Pekanbaru," pungkas Kajari.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Personel Polda Riau Raih Penghargaan Medali PBB

Kamis, 18 Agustus 2022 | 19:21 WIB

Kota Pekanbaru Masuk Penilaian Adipura 2022

Rabu, 17 Agustus 2022 | 16:01 WIB
X