2 Kali Erupsi, Gunung Anak Krakatau Naik Status Jadi Waspada

- Sabtu, 5 Februari 2022 | 21:18 WIB
 Penampakan erupsi Gunung Anak Krakatau pada Jumat 4 Januari 2022 (Website MAGMA Indonesia)
Penampakan erupsi Gunung Anak Krakatau pada Jumat 4 Januari 2022 (Website MAGMA Indonesia)

HALUANRIAU.CO, LAMPUNG - Gunung Anak Krakatau kini kembali mengalami erupsi dimana dihari sebelumya terjadi hal yang sama.

Tercatat, Gunung Anak Krakatau kini sudah mengalami 2 kali erupsi, dimana erupsi pertama terjadi pada pukul 15.54 WIB dengan durasi 52 detik, serta erupsi kedua terjadi pada pukul 17.32 WIB dengan ketinggian semburan asap abu vulkanik mencapai 1000 M dari puncaknya.

Kepala Pos Pemantauan Gunung Anak Krakatau, Andi Suardi menjelaskan bahwa aktifitas tersebut masih akan berlangsung dikarenakan gunung tersebut masih mengeluarkan asap setinggi 300 meter dari puncaknya.

Akibat hal tersebut, kini Gunung Anak Krakatau ditingkatkan levelnya menjadi Waspada.

Baca Juga: Diturunkan Sebagai Starting vs GSK Jastrzebie, Witan Sulaeman Sukses Cetak Gol Debut

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menghimbau kepada seluruh masyarakat serta pengunjung yang berada di sekitar gunung tersebut untuk menjauhi perairan terutama Selat Sunda dikarenakan gelombang besar berpotensi terjadi.

Gunung anak Krakatau sendiri muncul, beberapa tahun setelah letusan gunung Krakatau pada tahun 1883 yang cukup bersejarah karena mengakibatkan tsunami setinggi 120 kaki bahkan menelan korban sekitar 35.000 jiwa.

Pada tahun 2018 gunung anak Krakatau juga erupsi, dan menjadi pemicu tsunami di selat sunda. Sebagian kawahnya luntur dan meluncur ke laut sehingga mengakibatkan 400 jiwa meninggal dan ribuan korban luka luka.

Setelah letusan tersebut gunung anak Krakatau kembali menyusun struktur badannya dengan cepat dan senyap, batuan dari perut bumi keluar menumpuk hingga membentuk morfologi seperti kubah dan dapat menjadi semakin tinggi.

Baca Juga: Innova Lawan Fuso di Lintas Timur, Supir Travel dan Satu Anak Meninggal Dunia

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Ayo Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Kampar menyegel Areal Kebun PT Johan

Senin, 4 Juli 2022 | 19:36 WIB

Ini Tips Berboncengan dengan Posisi Menyamping

Senin, 4 Juli 2022 | 15:58 WIB

Alat Berat Diamankan, Polhut Sebut Ini

Jumat, 1 Juli 2022 | 17:05 WIB
X