Dewan: Jangan Semena-mena Naikkan Tarif Sewa di STC

- Selasa, 25 Januari 2022 | 17:20 WIB
Sukaramai Trade Center
Sukaramai Trade Center

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Pengelola Sukaramai Trade Center (STC) dan para pedagang diminta untuk berdiskusi dan duduk bersama menyelesaikan persoalan kenaikan tarif service charge alias sewa.

Persoalan ini menuai aksi protes ratusan pedagang yang menolak service charge dinaikkan dari Rp70 ribu menjadi Rp90 ribu per meter setiap bulannya oleh pengelola STC.

"Kami (DPRD) meminta permasalahan ini bisa segera diselesaikan secara musyawarah mufakat dan tentunya tidak ada kekerasan," kata Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru, Tengku Azwendi Fajri, Selasa (25/1).

Azwendi mengaku heran dengan pengelola STC yang secara sepihak telah menaikkan tarif servis charge. Padahal, STC telah menjalin sistem kerja sama Build Operate Transfer (BOT) dengan Pemerintah Kota Pekanbaru.

"Jujur saja, kami (DPRD) tidak mengetahuinya. Tidak ada laporan ke DPRD yang memiliki fungsi pengawasan. Sehingga, informasi kenaikan service charge ini ya langsung didapat dari para pedagang," ungkapnya.

Baca Juga: Kurir Ekstasi Akui Dikendalikan Napi Lapas, Kepala Keamanan Bantah: Tidak Ada

Sikap dari pihak pengelola STC yang telah bertindak semena-mena menaikkan tarif service charge bagi para pedagang juga sangat disayangkan. Hal ini mengingat kondisi pedagang yang lagi kesulitan akibat pandemi Covid-19.

"Pertama, mereka itu tidak ada melakukan kajian. Mestinya, itu harus ada kajian yang mendalam. Yang kedua, itu harus disosisalisasikan. Dan yang paling penting, dalam masa pandemi ini pemerintah pusat menginginkan agar bagaimana ekonomi ini kembali bergerak," tambahnya.

Politisi Partai Demokrat ini meminta Wali Kota Pekanbaru agar dapat meninjau kembali kebijakan pengelola STC yang menaikkan tarif service charge kepada para pedagang secara sepihak tersebut.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berkas Perkara Annas Maamun Telah di Pengadilan

Kamis, 12 Mei 2022 | 15:45 WIB
X