Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Sekda Kuansing, Diwarnai Wartawan Dilarang Melakukan Peliputan

- Senin, 24 Januari 2022 | 21:21 WIB
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi pada Senin (24/01/2022) malam (Yendri/HRC)
Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi pada Senin (24/01/2022) malam (Yendri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - Dalam Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten Kuantan Singingi, sejumlah awak media dari media online di larang untuk meliput kegiatan tersebut.

Pelarangan tersebut terjadi pada Senin malam (24/01/2022).

Kontradiktif itu terlihat dan terpantau saat Haluanriau.co melakukan peliputan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kuantan Singingi.

Atas pelarangan tersebut dengan sangat jelas telah melanggar UU Pers Nomor 40 Tahun 1999 tentang Kebebasan Pers, tertulis tentang pers, termasuk ketentuan umum, hak, kewajiban dan peranan pers.

Baca Juga: Tumbangkan Pohon dan Rusaki Beberapa Sepeda Motor, Angin Puting Beliung Hantam Kota Bogor

Bahkan diatur pula tentang peran serta pers serta masyarakat dan ketentuan pidana, seperti halnya UU Pers pasal 18 Ayat (1)

Dalam pasal tersebut jelas dibunyikan bahwa setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,00 (Lima ratus juta rupiah).

Baca Juga: AS Keluarkan Travel Warning Suruh Warganya Tinggalkan Ukraina

 

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X