Rutin Diberi Ceramah Agama, Tahanan Polsek Tampan Kini Rajin Salat Berjamaah

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 16:16 WIB
Ustad sedang memberikan ceramah agama bagi para tahanan di sel tahanan Polsek Tampan (Akmal/HRC)
Ustad sedang memberikan ceramah agama bagi para tahanan di sel tahanan Polsek Tampan (Akmal/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Suasana damai dan tentram tergambar saat para tahanan mendengarkan ceramah agama, dibalik jeruji besi itu mereka mencerna kebenaran yang disampaikan oleh ustad.

Gambaran itu bisa dijumpai di sel tahanan Kepolisian Sektor (Polsek) Tampan, ceramah agama itu rutin berjalan setiap akhir pekan, Sabtu.

Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Pria Budi melalui Kapolsek Tampan, Kompol I Komang Aswatama disampaikan Kanitreskrim Polsek Tampan, AKP Aspikar menyebut bahwa kegiatan rutin itu tergabung dalam program Rohani Tahanan.

"Dengan adanya ceramah agama tersebut dapat merubah pola pikir para tahanan, tidak ada lagi yang berpikir macam-macam, mau kabur atau mau bunuh diri," kata AKP Aspikar, Sabtu (22/1).

Baca Juga: Priyanka Chopra dan Nick Jonas Sambut Kelahiran Anak Pertama Melalui Ibu Pengganti

Sejak program ini dijalankan, lanjut AKP Aspikar, sudah banyak perubahan kearah yang baik dari para tahanan. Mereka sudah bisa mengendalikan diri, sudah saling mengerti.

"Para tahanan itu sudah menjalankan salat lima waktu berjamaah," sambung AKP Aspikar lagi.

Didalam sel tahanan itu juga para tahanan saling belajar agama, belajar mengaji, membaca Alquran, mengahafal ayat pendek, bahkan menghafal hadist.

"Yang lancar ngajinya mengajarkan yang tidak bisa, kini sudah bisa membaca dan menghafal ayat-ayat pendek, sudah mulai juga menghafal hadist-hadist," ujarnya.

Kegiatan positif ini perlu diberikan kepada para tahanan, diri mereka yang semula berbuat kejahatan setidaknya bisa merubah pola pikir agar kelak tidak berbuat kembali.

"Keluarga mereka yang datang menjenguk pun senang melihat mereka yang sudah mulai berubah, semoga ada yang perubahan baik dari mereka dengan adanya kegiatan ini," kata AKP Aspikar mengakhiri.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berkas Perkara Annas Maamun Telah di Pengadilan

Kamis, 12 Mei 2022 | 15:45 WIB
X