Jelang HUT, Ikatan Keluarga Luhak Agam (IKLA) Gelar Seminar Perkuat Adat Minangkabau Untuk Perantau

- Sabtu, 22 Januari 2022 | 14:17 WIB
Jelang perayaan HUT IKLA Riau, panitia menggelar seminar perkuat adat Minangkabau bagi perantau (RMC, Grup Haluan Media Grup)
Jelang perayaan HUT IKLA Riau, panitia menggelar seminar perkuat adat Minangkabau bagi perantau (RMC, Grup Haluan Media Grup)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Ikatan Keluarga Luhak Agam (IKLA) Riau pada hari ini menggelar seminar kebudayaan perkuat adat Minangkabau bagi para perantau.

Hal tersebut dilakukan menjelang perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) IKLA Riau.

Ketua Umum IKLA Riau, Muhammad Hanafi menjelaskan bahwa seminar tersebut bertema 'Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah: Syarak Mangato, Adat Mamakai' dimana ini akan membahas bagaimana menjadi pribadi yang beradat dan bermarwah di tanah perantauan.

Kegiatan ini juga menjadi ajang berbagi pengalaman antara tetua dengan anak dan kemenakan.

Baca Juga: Terpilih Secara Aklamasi Asril Doyok Nahkodai Partai Golkar Kecamatan Tualang

"Inilah seminar bersama niniak mamak. Mewujudkan cita-cita dari IKLA kemarin, bahwa kita bermarwah dan bermartabat. Anak dipangku, kemenakan dibimbing, urang kampuang dipatenggangkan. Mudah-mudahan terwujud melaksanakannya ke seluruh wilayah, karena kita juga pakai Zoom," papar Hanafi kepada Riaumandiri.co (Grup Haluan Media Grup), Jumat (21/1/2021) malam.

Pada kegiatan HUT ini juga IKLA telah mengundang beberapa pihak terkait seperti pendiri, ninik-mamak dan para sesepuh.

"Kita mengundang dari ranah, yaitu Bapak Gubernur Riau dan Sumbar, Bupati Agam, Wali Kota Bukittinggi, DPRD Agam dan Bukittinggi, dan para pendiri," ungkapnya.

"Persiapan acara besok sudah maksimal. Kemudian tamu-tamu juga sudah datang. Peserta diperkirakan 300 orang. Ini karena masih Covid-19, kita hanya bisa mengadakan di dalam gedung, tidak di ruang terbuka," tambahnya.

Lebih lanjut, Hanafi menjelaskan bahwa kedepannya IKLA akan berfokus kepada kegiatan sosial dimana akan merangkul masyarakat di perantauan yang tidak memiliki paguyuban khususnya masyarakat Agam yang belum masuk ke organiasi.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: riaumandiri.co

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berkas Perkara Annas Maamun Telah di Pengadilan

Kamis, 12 Mei 2022 | 15:45 WIB
X