Perkara TPPU Eks Pegawai Lapas Bengkalis Dilimpahkan ke Jaksa, Barang Bukti Miliaran Rupiah

- Rabu, 19 Januari 2022 | 18:44 WIB
Jaksa memeriksa barang bukti berupa kendaraan perkara TPPU (Dodi/HRC)
Jaksa memeriksa barang bukti berupa kendaraan perkara TPPU (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Jaksa Penuntut Umum menerima pelimpahan penanganan perkara dugaan tindak pidana pencucian uang kasus narkotika dari penyidik Badan Narkotika Nasional. Bersama dengan itu, turut diserahkan barang bukti dengan total nilai mencapai miliaran rupiah.

Adapun tersangka dalam perkara ini adalah Agus Mulia. Dia merupakan mantan pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bengkalis.

Proses tahap II dilakukan di Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, Rabu (19/1). Di sana juga terlihat sejumlah barang bukti, di antaranya beberapa unit kendaraan roda empat, dan tiga unit sepeda motor sport.

Sementara itu, dalam daftar barang bukti juga tercantum aset lahan dan rumah, serta uang yang jumlahnya miliaran rupiah.

Baca Juga: Pelatih Sabah FC Bantah Halangi Saddil Ramdani Gabung Klub Eropa: Dia Sendiri Mengatakan Tidak Ingin Pergi

"Hari ini (kemarin,red) kita terima tersangka dan barang bukti TPPU dengan tersangka Agus Mulia," ujar Kepala Kejari (Kajari) Pekanbaru, Teguh Wibowo, didampingi Kepala Seksi (Kasi) Intelijen, Lasargi Marel, Rabu petang.

Diterangkan Kajari, untuk barang bukti uang terdiri dari uang tunai Rp500 juta yang dititipkan di Bank Rakyat Indonesia (BRI), deposito sebesar Rp1 miliar, dan  saldo di beberapa rekening bank senilai Rp1,3 miliar.

Ada juga dalam bentuk mata uang asing Ringgit Malaysia dan Dollar Singapura sebanyak 341 lembar. "Juga sejumlah kendaraan berupa  4 unit sepeda motor, 3 unit mobil dan 1 unit rumah," terang mantan Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatra Barat (Sumbar) itu.

Saat tahap II itu, lanjut Kajari, JPU memutuskan untuk melanjutkan proses penahanan tersangka. Agus Mulia selanjutnya dititipkan di sel tahanan Mapolresta Pekanbaru.

Kajari menegaskan perkara tersebut diupayakan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Pekanbaru untuk disidangkan. Dua JPU telah ditunjuk untuk membuktikan perbuatan tersangka, yakni Vince Puspasari dan Nurmala.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berkas Perkara Annas Maamun Telah di Pengadilan

Kamis, 12 Mei 2022 | 15:45 WIB
X