Buka Cafetaria Literasi TK Negeri Pembina, Bupati Rohul: Semoga Minat Membaca Anak-Anak Meningkat

- Selasa, 11 Januari 2022 | 20:26 WIB
Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman bersama Bunda PAUD Rohul Hj Peni Herawati Sukiman (Istimewa)
Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman bersama Bunda PAUD Rohul Hj Peni Herawati Sukiman (Istimewa)

HALUANRIAU.CO, ROKAN HULU - Bupati Rokan Hulu Sukiman bersama sang istri yang juga merupakan Bunda PAUD Rohul, Peni Herawati Sukiman meresmikan Cafetaria Literasi TK Negeri Pembina Kabupaten Rokan Hulu.

Dimana pada acara tersebut turut hadiri, Kadis Kominfo Rohul, Yusmar, Kadis Dikpora Rohul, Ibnu Ulya, Kadis Dukcapil, Syaiful Bahri, Camat Rambah, Arie Gunadi, Kades RTU Zakir dan Wali Murid.

Sukiman berharap dengan peresmian tersebut dapat menambah semangat dan minat anak-anak untuk membaca serta bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda sejak dini

"Kita bersyukur berkat gotong royong dan kebersamaan Cafetaria Literasi TK Negeri Pembina Rohul ini berdiri dan telah saya resmikan. Tempat bermain anak-anak yang bagus ini menambahkan semangat dan tingkatkan minat baca anak-anak kita," ungkap Sukiman.

Baca Juga: Program Vaksin Booster Dimulai Besok, Berikut Lokasi Vaksinasinya

"Salah satunya memajukan Rohul dengan mewujudkan SDM yang cerdas dan sehat berdasarkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan yang maha esa. Pendidikan TK dan PAUD ini untuk membentuk karakter generasi muda sejak usia 5 tahun," ujarnya.

"Sehingga mulai dari kecil ini kita bersama instansi terkait tetap konsisten melalui pendidikan PAUD ini memberikan pemahaman wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, sehingga watak anak terbentuk sejak usia dini," harapnya.

Lebih lanjut, Kepala TK Negeri Pembina, Sah You Seva menjelaskan bahwa Cafetaria Literasi ini dicetuskan oleh Bimtek Literasi dan juga ide dari pada wali murid yang telah bermusyawarah dan bergotong-royong bersama membangun tempat ini.

"Membangun Cafetaria Literasi ini dicetus dari Bimtek Literasi, ini juga ide wali murid bermusyawarah dan sepakat bergotongroyong mendirikan Cafetaria Literasi ini, kenapa dinamakan cafe literasi, agar lebih kekinian, tapi bukan cafenya yang menjadi tujuan tapi bagaimana meningkatkan minat baca anak dan wali murid," harapnya.

"Kami bersama dinas terkait menyiapkan genarasi Rohul mulai PAUD. Jadi kami disini mengenalkan kepada anak kalau untuk di usia PAUD kita menggunakan konsep literasi dasar yaitu baca tulisan. Jadi di cafetaria Literasi ini kami nanti akan belajar mengenal huruf mengenal angka membilang membaca membaca gambar membaca benda," jelasnya.

"Nanti pengelolaan Cafetaria Literasi ini Orang tua diberi tiket menjaga cafe secara bergantian dan kunjungan kelas, jadi secara tidak langsung tingkat minat pembaca tercapai," harapnya.

Tambahnya, selain itu Program Parenting Day pentingnya menstimulus positif bagi anak dan gen edukasi untuk menumbuhkan kedekatan dan kelekatan anak dengan wali murid.

"Selain itu Bazar, ini berkat semangat orang tua dan wali murid yang telah menyiapkan bazar ini jauh-jauh hari. Kegiatan ini tujuannya bagaimana menciptakan minat baca sesuai kurikulum 2022, kami sudah memulai dan menerapkan ini, tidak hanya hari ini tapi berkelanjutan," harapnya.

Baca Juga: Mau Daftar Vaksin Booster? Cek Tiketnya di Aplikasi PeduliLindungi dan Vaksin Apa yang Kamu Dapatkan!

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Sumber: Media Center Rokan Hulu

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X