Dituntut 5 Tahun Penjara, Harta Benda Kades Air Putih Indragiri Hulu Terancam Disita Jika

- Selasa, 11 Januari 2022 | 16:54 WIB
Kades Air Putih, TS (kanan) saat menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu
Kades Air Putih, TS (kanan) saat menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Negeri Indragiri Hulu

HALUANRIAU.CO, RENGAT - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri (Kejari) Indragiri Hulu (Inhu) menuntut Kepala Desa (Kades) Air Putih non aktif, Tursiwan atas dugaan korupsi yang dilakukannya pada dana desa.

JPU menuntut eks Kades tersebut 5 tahun penjara dengan denda Rp 200 juta subsider 3 (tiga) bulan kurungan dan unag pengembalian senilai Rp 410 juta. Bahkan jika tidak membayar maka harta benda terdakwa terancam disita.

Tuntutan tersebut disampaikan JPU pada persidangan di akhir pekan lalu di hadapan majelis hakim Pengadilan Negeri Rengat atas dugaan korupsi sejumlah kegiatan pembangunan.

"Tuntutan sudah kami sudah bacakan pada Jumat (7/1/2022) kemarin sesuai agenda sidang," ujar Kasi Pidsus Eliksander Siagian yang juga JPU pada perkara tersebut, Selasa (11/1/2022).

Baca Juga: JPU Tuntut Herry Wirawan, Pemerkosa Belasan Santri Hukuman Mati Plus Dikebiri

Dijelaskan Eliksander, tuntutan terdakwa tersebut didasari hasil penyidikan dan fakta persidangan atas dugaan penyalahgunaan APBDes 2019 lalu.

Terdakwa diduga telah melakukan penyelewengan anggaran dan mark-up kegiatan pembangunan diantaranya turap, badan jalan, jembatan beton dan saluran parit dengan pagu anggaran senilai Rp1,6 Milyar lebih.

Makanya atas perbuatan terdakwa, selain dituntut kurungan badan selama lima tahun dan denda Rp200 juta, juga dituntut membayar uang pengganti dari kerugian negara sebesar Rp410 juta.

Sementara sejauh ini terdakwa sudah melakukan uang pengembalian senilai Rp134 juta.

Baca Juga: Mulai Rabu, Indonesia Pertimbangkan Cabut Larangan Ekspor Batu Bara Secara Bertahap

Halaman:

Editor: Eka Buana Putra

Tags

Artikel Terkait

Terkini

511 Napi Dapat Remisi di Rengat

Rabu, 4 Mei 2022 | 19:04 WIB

Alfamart Siap Tampung Lulusan SMKN 1 Rengat

Kamis, 10 Maret 2022 | 14:40 WIB
X