Jaksa Telaah Berkas Anak Angkat Anggota DPRD Pekanbaru, Tersangka Pencabulan Anak di Bawah Umur

- Senin, 10 Januari 2022 | 17:24 WIB
Ilustrasi Pencabulan/Pemerkosaan (Haluan)
Ilustrasi Pencabulan/Pemerkosaan (Haluan)

HALUANRIAU.CO, PEKANBARU - Penuntut Umum masih meneliti berkas perkara tersangka AR (21), anak angkat anggota DPRD Kota Pekanbaru. Dari penelaahan itu nantinya akan diketahui apakah berkas perkara dugaan pencabulan terhadap anak di bawah umur itu bisa dinyatakan lengkap atau masih ada kekurangan.

"Belum (ada hasil penelitian). Belum ditentukan apakah P-19 atau langsung P-21," ujar Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pekanbaru, Teguh Wibowo saat dikonfirmasi melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Lasargi Marel, Senin (10/1).

Dikatakan Marel, penelitian berkas itu dilakukan untuk memastikan kelengkapan syarat formil dan materil perkaranya. Jika dinyatakan lengkap, maka akan ditertibkan P-21. Sebaliknya, jika masih ada kekurangan, maka berkas perkara dikembalikan ke penyidik disertai petunjuk atau P-19.

Diketahui, penyidikan perkara itu dilakukan Polresta Pekanbaru. Polisi diketahui telah mengirimkan berkas perkara pada Kamis (6/1) kemarin.

Baca Juga: Setelah Hampir 1 tahun Diburu, Akhirnya Dua Ninja Sawit di Lirik Dibekuk

"Jadi berkas yang sampai diteliti dulu, kelengkapan formil dan materilnya. Kalau nanti masih ada yang kurang, kita Jaksa akan memberikan petunjuk kepada penyidik untuk dilengkapi apa-apa saja kekurangannya itu. Saat ini masih dipelajarilah (berkasnya) oleh tim Jaksa," kata Marel belum lama ini.

Disinggung soal masalah perdamaian antara pihak tersangka dan korban dalam kasus ini, termasuk penangguhan penahanan, Marel menyatakan, terkait itu pihaknya tidak bisa berkomentar.

"Kalau mengenai itu, Jaksa hanya memeriksa kelengkapan formil dan materil. Kita memeriksa secara legalitasnya," sebut mantan Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Pelalawan itu.

"Kalau ditangguhkan (penahanan tersangka) oleh penyidik, kemungkinan Jaksa menahan, atau meneruskan penangguhan penahanan juga bisa. Tergantung Jaksa Peneliti dan yang menerima berkas itu. Sekarang dipelajari dulu," tegas Marel.

Pihak kepolisian sendiri, memastikan penanganan kasus cabul ini masih akan terus berlanjut. Meskipun pihak tersangka dan korban sudah berdamai. Polisi membantah informasi kasus ini sudah dihentikan.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berkas Perkara Annas Maamun Telah di Pengadilan

Kamis, 12 Mei 2022 | 15:45 WIB
X