BBKSDA Riau Tindak Lanjuti Pejabat Siak yang Kerangkeng Primata Dilindungi di Rumah Dinas

- Senin, 3 Januari 2022 | 16:52 WIB
 (Istimewa)
(Istimewa)

HALUANRIAU.CO, SIAK - Terkait beredarnya video siamang yang di kerangkeng oleh salah seorang pejabat Siak, membuat pencinta binatang di Kabupaten Siak terharu.

Pasalnya, binatang langka yang dilindungi itu yang seharusnya bisa hidup di alam bebas, namun kini nasibnya sangat menyedihkan, hidup sendiri di kerangkeng yang ukurannya tak seberapa itu.

"Kami sebagai pecinta binatang sangat terharu dan miris melihat binatang yang dilindungi itu dikurung diperumahan salah satu bejabat di Siak. Kami meminta kepada pemerintah atau pihak BBKSDA bisa langsung mengambil alih binatang itu agar bisa dilepaskan di tempat yang lebih layak atau di alam bebas agar bisa berkembang biak," ungkap salah satu warga Siak pecinta binatang yang enggan disebutkan namanya kepada Haluanriau.co, Senin (03/01/2022).

Baca Juga: Jaksa Bakal Ekspos Perkara Ida Yulita Susanti terkait Dugaan Pelanggaran PP 18/2007

"Siamang itu dipelihara di perumahan dinas Sekda Siak mas. Yang jelas, kami merasa kasihan sekali melihat binatang langka itu,dan mohon segera dikembalikan ke habitat nya," imbuhnya.

Sementara itu, Kabid Teknis BBKSDA Riau, Mahfudz ketika dikonfirmasi oleh Haluanriau.co  melalui telepon selulernya tidak membenarkan siapapun untuk memelihara binatang yang dilindungi, kecuali mendapatkan ijin dari Menteri LHK.

"Siamang itu dilindungi pak, dan tidak boleh dipelihara secara pribadi, kecuali sudah mendapatkan izin dari Menteri LHK, dan itupun harus mengurus  izin terlebih dahulu dalam bentuk lembaga konservasi. Untuk  itu, bila tak ada izin Siamang itu harus dibawa ke konservasi," jelasnya.

"Terkait hal ini, nanti saya informasikan keteman-teman dilapangan untuk menindaklanjuti hal ini, dan terimakasih atas informasinya," pungkasnya.

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X