Prediksi Banjir, BPBD Rohul Imbau Warga Tidak Main di Sungai

- Kamis, 30 Desember 2021 | 13:41 WIB
Ilustrasi banjir (Hans on Pixabay)
Ilustrasi banjir (Hans on Pixabay)

HALUANRIAU.CO, ROHUL - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu, memprediksi bencana banjir masih akan terjadi di daerah tersebut.

Hal ini disebabkan karena masih tingginya curah hujan baik di Rohul dan juga daerah hulu sungai hingga Januari 2022 mendatang.

Plt Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Afrizal mengatakan, beberapa daerah yang masih berpotensi banjir umumnya adalah kecamatan yang dialiri oleh 4 sungai besar di Rohul masing-masing Sungai Batang Lubuh (Sungai Rokan Kanan), Sungai Rokan Kiri, Sungai Batang Kumu dan Sungai Batang Sosah.

"Banjir yang terjadi di Rohul umumnya diakibatkan luapan sungai. Luapan itu terjadi bukan hanya karena curah hujan di Rohul tetapi juga di daerah hulu 4 sungai tersebut masing-masing di Sumatera Barat dan Sumatera Utara. BPBD terus pantau 4 sungai ini untuk mengantisipasi terjadinya banjir," ucap Afrizal.

Baca Juga: Ada Masalah di Pengereman, 106 Unit Hyundai Palisade Direcall

Afrizal menjelaskan adapun beberapa kecamatan yang berpotensi banjir yaitu Kecamatan Rokan IV Koto, Kecamatan Ujung Batu, Kecamatan Tandun, Rambah, Rambah Hilir, Kepenuhan Hulu, Kepenuhan dan Bonai Darussalam.

"Pengalaman kami, banjir terlama itu akan terjadi di Rantau Binuang Sakti Kepenuhan dan Bonai Darussalam. Dua daerah itu adalah hilir sungai dan banjir di sana biasanya berlangsung cukup lama," jelasnya.

Afrizal juga mengimbau masyarakat khususnya yang berada di daerah bantaran 4 sungai tersebut agar tetap waspada meskipun banjir di Kecamatan Rambah, Rambah Hilir dan Rambah Samo sudah surut.

"Kita imbau warga agar mengurangi aktivitas di aliran sungai. Para orang tua yang memiliki anak jangan biarkan mereka bermain di sungai. Ini untuk mencegah adanya peristiwa anak hanyut, di tengah derasnya arus sungai saat ini," imbau Afrizal.

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Sumber: Media Center Riau

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X