83 Napi Lapas Bangkinang Dapat Remisi Natal, 1 Orang Langsung Bebas

- Sabtu, 25 Desember 2021 | 11:36 WIB
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang, Sutarno berikan remisi. (Amri/HRC)
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Bangkinang, Sutarno berikan remisi. (Amri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Sebanyak 83 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang mendapatkan remisi khusus Hari Raya Natal 2021. Satu orang di antaranya langsung bebas hari ini setelah mendapat remisi.

"Warga Binaan Lapas Bangkinang yang mendapat remisi hari ini berjumlah 83 orang. Satu orang langsung bebas," ujar Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Bangkinang, Sutarno pada haluanriau.co, Sabtu (25/12).

Kalapas mengatakan remisi yang diberikan ada dua, yakni:

Remisi khusus I (RK I), yang memberikan remisi pengurangan masa tahanan. Remisi khusus II (RK II), adalah remisi yang diberikan pada hari besar keagamaan yang dianut oleh Narapidana.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun BPBD Riau Minta Warga Waspada Banjir, Longsor dan Puting Beliung

Dari 83 narapidana yang mendapatkan remisi, sebanyak 82 mendapatkan RK I, sedang 1 narapidana lainnya mendapatkan RK II atau langsung bebas.

Pemberian remisi ini dilakukan dengan pengurangan masa tahanan mulai dari dikurangi 15 hari, satu bulan, satu bulan 15 hari hingga dua bulan.

"Para warga binaan yang mendapatkan remisi khusus ini merupakan warga binaan yang telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif. Kemudian harus berkelakuan baik dan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan positif di lembaga pemasyarakatan," kata Sutarno.

Ia juga berharap, pemberian remisi ini dapat membuat para warga binaan menyadari kesalahannya.

"Kita berharap dengan adanya remisi ini dapat memberikan motivasi narapidana untuk selalu berkelakuan baik kemudian patuh dan taat hukum yang ada," ucap Sutarno.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X