Belum Membayar Uang LKS, SD Negeri 001 Pasar Lubuk Jambi, Tahan Raport Anak Didiknya

- Jumat, 24 Desember 2021 | 17:47 WIB
ilustrasi Rapor Siswa Sekolah Dasar (SD)  (Yendri/HRC)
ilustrasi Rapor Siswa Sekolah Dasar (SD) (Yendri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KUANTAN SINGINGI - Hanya karena belum membayar uang Lembaran Kerja Siswa (LKS) Sekolah Dasar (SD) Negeri 001 Pasar Lubuk Jambi, Kecamatan Kuantan Mudik, menahan raport anak didiknya.

Padahal, larangan menjual buku pelajaran, bahan ajar perlengkapan bahan ajar, pakaian seragam atau bahan pakaian seragam di satuan Pendidikan sudah tertera dalam surat edaran Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olaraga (Disdikpora) Kabupaten Kuantan Singingi Nomor :420/Disdikpora/2021/001.a. tentang larangan pungutan dan penjualan buku/LKS.

"Sebetulnya tidak ada penahanan raport, cuma kadang kala wali kelas mengambil kebijakan sendiri. Karena guru menganggap kalau anak mengambil LKS tentu nya di bayar karena pengambilan atau pembelian LKS pun tidak kami paksakan," ujar Kepala Sekolah SD Negeri 001 Pasar Lubuk Jambi, Erlinda kepada Haluanriau.co Jum'at (24/12/2021).

Erlinda mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah memaksakan pembelian LKS terhadap siswa namun dirinya tidak menapik melakukan praktik jual beli LKS di sekolah yang ia pimpin tersebut.

Baca Juga: Penetapan Tersangka Proyek Tiga Pilar di Kuansing Melempem

"Jadi tidak ada penahanan raport, buktinya anak kelas VI (enam), anak belum lunas LKS nya, raport tetap kami bagi," ujar Erlinda.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kuantan Singingi, Masrul Hakim saat dikonfirmasi terkait masih adanya pihak sekolah di Kuantan Singingi yang memberlakukan penjualan LKS mengatakan, pihaknya sudah seringkali memperingatkan saat ada rapat forum dengan pihak Kepala Sekolah.

"Kita sudah sering ingatkan saat rapat forum, nanti jika masih ada temuan, kita akan suruh panggil Kabid," ujar masrul.

Dikatakan masrul, awal tahun mendatang, kita akan buat edaran guna menguatkan edaran sebelumnya.

"Nanti akan buat kembali edaran, guna menguatkan edaran sebelumnya," tutup Masrul.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kades Sungai Langsat Ultimatum PT Citra Riau Sarana

Selasa, 29 Maret 2022 | 11:51 WIB
X