Kalah 1 Suara Setelah PSU, Mimpi Yusjar Jadi Kepala Desa Tanjung Rambutan Sirna

- Kamis, 16 Desember 2021 | 23:55 WIB
Penandatanganan hasil PSU Kepala Desa Tanjung Rambutan (Amri/HRC)
Penandatanganan hasil PSU Kepala Desa Tanjung Rambutan (Amri/HRC)

HALUANRIAU.CO, KAMPAR - Mimpi Yusjar menjadi Kepala Desa Tanjung Rambutan, Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar, nampaknya sirna setelah dilakukan Penghitungan Suara Ulang (PSU). Dimana hasil PSU itu dimenangkan calon kepala desa incumbent no urut 2 Dedi Wahyudi.

Dedi unggul 1 suara dari Yusjar setelah dilakukan penghitungan suara ulang di TPS 4. Panitia pilkades sebelumnya menetapkan Yusjar no urut 1 sebagai pemenang Pilkades Tanjung Rambutan walaupun memiliki suara sama dengan Dedi Wahyudi.

Saat itu perolehan suara mereka sama-sama mendapatkan 796 suara sedangkan dua calon lainnya Hengki Irawan yang hanya mendapat prolehan suara sebanyak 11 suara dan Azrianto sebanyak 5 suara.

Yusjar ditetapkan sebagai pemenang Berdasarkan Peraturan Bupati Kampar Nomor 54 tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa Serentak Bergelombang. Dimana Yusjar memiliki suara terbanyak disalah satu TPS.

Baca Juga: Cegah Gelombang Ketiga Covid-19, Binda Riau Rutin Gelar Vaksin Bagi Masyarakat

Dimana pada Pasal 52 dikatakan, bahwa pada ayat (3) dalam hal jumlah calon terpilih yang memperoleh suara terbanyak yang sama lebih dari 1 calon pada desa yang TPS lebih dari 1 calon terpilih ditetapkan berdasarkan suara terbanyak pada TPS dengan jumlah yang menggunakan hak pilih terbanyak.

Tidak terima atas penetapan yang dilakukan panita, Dedi  Wahyudi mengugat agar dilakukan Penghitungan Suara Ulang khusus kotak TPS 4. Saat rapat sangketa bersama tim fasilitasi penyelesaian sangketa pilkades Kabupaten Kampar tahun 2021 beberpa waktu lalu memutuskan untuk mengabulkan permohonan gugutan Dedi.

Untuk itu akhirnya, panitia lokal melaksnakan PSU TPS 4 yang dihadiri Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Yusri di Kantor Camat Kampar, Kamis (17/12/21). Dalam PSU itu dihadiri Camat Kampar, Amri Yudo, Kadis PMD, diwakili Kabid Sofyandi, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Ketua dan anggota PPS, BOD dan Panitia lainnya.

Dalam kotak suara TPS 4 yang berjumlah 308 suara tersebut, semula Yusjar meperoleh suara 107 suara dan Dedi sebnayak 183, setelah dihitung ulang, satu suara yang sebelumnya dianggap tidak sah  akhirnya dianggap sah sesui dengan aturan yang berlaku serta persetujuan bersama yang menyatakan suara itu memilih nomor urut 2 Dedi Wahyudi.

Dengan demikian hasil rapat pleno tersebut menetapkan  kemenangan calon nomor urut 2 Dedi Wahyudi dengan total perolehan suara sebanyak 197, sementara Yusjar sebanyak 196 selisih satu angka dari total pemilih sebanyak 1.649 suara untuk Desa Tanjung Rambutan.

Halaman:

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Terkini

X