Tahap II, 6 Tersangka Peredaran Gelap 106 Kg Sabu di Rohil Segera Disidang

- Selasa, 14 Desember 2021 | 23:08 WIB
Jaksa Penuntut Umum menerima pelimpahan tersangka dan barang bukti dari penyidik BNN Pusat (Dodi/HRC)
Jaksa Penuntut Umum menerima pelimpahan tersangka dan barang bukti dari penyidik BNN Pusat (Dodi/HRC)

HALUANRIAU.CO, ROKAN HILIR - Tak lama lagi, 6 tersangka yang diduga terlibat peredaran gelap narkotika jenis sabu seberat 106 kilogram di Kabupaten Rokan Hilir akan menjalani proses sidang. Hal itu seiring dengan telah diterimanya para tersangka dan barang bukti oleh Jaksa Penuntut Umum dari penyidik Badan Narkotika Nasional.

Adapun para tersangka masing-masing berinisial JP alias Pedro, RKS alias Kiki, AS alias Anton, DY alias Dedi, S alias Ken, dan Z alias Jul.

"Bahwa pada hari Selasa (14/12) sekitar pukul 17.40 WIB bertempat di Bidang Tindak Pidana Umum Kejaksaan Negeri Rokan Hilir, telah dilakukan tahap II / penyerahan tersangka dan barang bukti dalam perkara narkotika dari penyidik BNN," ujar Kepala Kejari Rohil, Yuliarni Appy melalui Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Hasbullah yang didampingi Kasi Pidum Yongki Arvius, Selasa malam.

Dikatakan Hasbullah, para tersangka diduga melakukan tindak pidana peredaran gelap narkotika sebagaimana diatur pada Pasal 114 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (2) subsidair Pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (2) Undang-undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika.

Baca Juga: Pemuda Demokrat Provinsi Riau Desak Ketum DPP KNPI Haris Pratama Tindak Tegas Fuad Santoso

"Barang buktinya paket sabu dengan berat bruto sebanyak 105.926 Gram," sebut Jaksa yang pernah bertugas di Kejari Muaro Jambi itu.

Saat tahap II itu, kata Hasbullah, tim JPU menetapkan keenam tersangka dilakukan penahanan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas II A Bagansiapiapi. Selanjutnya, JPU akan menyusun surat dakwaan sebelum dilimpahkan ke pengadilan.

"Insya Allah, dalam waktu dekat berkas perkara akan dilimpahkan ke pengadilan," pungkas Hasbullah.

Diwartakan sebelumnya, BNN Pusat turun Kabupaten Rohil. Di Negeri Seribu Kubah itu, petugas melakukan pengungkapan dan menyita barang bukti yang jumlahnya cukup besar.

Dari informasi yang didapat, pengungkapan itu dilakukan di Kelurahan Bagan Kota, Kecamatan Bangko Kota, Bagansiapiapi, Selasa (21/9) sekitar pukul 04.00 WIB. Saat itu, petugas mendatangi sebuah rumah di Jalan Sentosa.

Dalam penggerebekan itu, petugas dikabarkan mengamankan barang bukti narkotika jenis sabu dengan berat lebih dari 100 kilogram. Selain itu, seorang terduga pelaku inisial KEN yang merupakan warga setempat, turut dibawa.

Baca Juga: Vaksin Bagi Anak Usia 6-12 Sudah Dimulai, Maksimalkan Vaksinasi Melalui Diskes dan Disdik

Editor: Bilhaqi Amjada A'araf

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rohil Kembali Raih Opini WTP Dari BPK RI

Selasa, 17 Mei 2022 | 21:42 WIB

Sah, MTQ Riau Digelar 24-31 Juli di Bagansiapiapi

Minggu, 17 April 2022 | 11:53 WIB
X