Hari ini Diskominfo Kampar Terapkan Absen Online Berbasis TTE

- Selasa, 14 Desember 2021 | 10:49 WIB
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril S.STP (Istimewa/Amri)
Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril S.STP (Istimewa/Amri)


HALUANRIAU.CO,  KAMPAR - Dinas Kominfo Kampar hari ini resmi menerapkan absensi dan manajemen surat keluar berbasis Aplikasi yang termasuk bagian dari Tanda Tangan Elektronik (TTE). Selain itu Diskominfo juga telah menerapkan aplikasi e-wartawan serta beberapa aplikasi di OPD Pemerintah Kabupaten Kampar.

Hal itu dilakukan Diskominfo Kampar sesuai dengan tuntutan dan perkembangan teknologi dan juga merupakan trobosan untuk mewujudkan efisiensi dan efektif.

Pemerintah Kabupaten Kampar terus melakukan berbagai inovasi dan perubahan dalam menjalankan roda pemerintahan yang lebih baik di Kabupaten Kampar.

"Kita (red-DiskominfoKakpar) telah menerapkan absensi dan manajemen surat keluar berbasis aplikasi yang termasuk bagian dari Tanda Tangan Elektronik (TTE). Selain itu kita juga sudah terapkan aplikasi e-wartawan serta beberapa aplikasi di OPD Pemkab Kampar," kata Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar Yuricho Efril, Selasa (14/12).

Baca Juga: Hari Ini Vaksinasi COVID-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun Dimulai

Yuricho mengatakan cara pengisian absensi yang dilakukan pihaknya yaitu dengan melakukan swafoto atau foto narsisis (selfie) dan mengisi beberapa fitur, ia menyebut telah dapat melakukan absensi pada radius yang telah di tetapkan.

"Ini sesuai dengan amanah dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Untuk implementasi  mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya diperlukan sistem pemerintahan berbasis elektronik," ujar Yuricho.

Oleh karena itu kata dia, untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik diperlukan tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Manajemen ini sangat penting dalam menjalankan amanah Perpres terkait SPBE, oleh sebab itu kita terus berbenah dan mengembangkan inovasi-inovasi untuk mewujudkan efisiensi pengelolaan pemerintahan. Dengan penerapan aplikasi ini banyak hal yang dapat penghematan baik dari segi materil maupun mempersingkat birokrasi.

Baca Juga: APHI Riau Salurkan 750 Paket Sembako untuk Warga Kurang Mampu

Halaman:

Editor: Taufik Ilham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X